Tuesday, October 30, 2012

Airbrush Grafitti

Assalamu'alaykum sobat Jee..  Lama gak posting nih, jadi kangen.  Ok langsung aja, bagi yang pengen nambah ilmu, simak baik-baik ya sob...  Siapin dulu semua bahan dan peralatan, kali ini ane mo bikin simple grafitti buat helm yang udah berabad-abad nganggur di pojok gudang, hihi....


1. Siapkan Masker, Pen brush (airbrush), Hidupkan Kompressor, Gb.1.
2.Siapkan campuran warna-warna yang akan kita pakai, berhubung warna yang ane pakai hanya beberapa warna, maka ane siapin seperti di Gb.2.
3.Siapkan helm yang akan kita airbrush, disini ane bikin grafitti nama bengkel ane FaNee arbrash, dengan warna pink gradasi kuning muda pada teks, warna hitam sebagai bayangan teks serta motif funky genangan air (biru muda)sebagai background dari grafitti ane, lihat Gb.3.
 Lanjut ke proses, setelah helm kita tempeli isolasi kertas, buat skets yang akan kita kerjakan, di proyek ane ini ada tiga bagian gambar, antara lain : FaNee, Bayangan teks, serta backgroung genangan air.  Setelah di skets di atas masking tape, kini saatnya memotong masking tape sesuai skets yang kita buat, kemudian tentukan bagian mana yang akan di airbrush dulu, pada proyek ane ini teks FaNee ane dahuluin dengan warna pink dan gradasi kuning muda, lihat Gb.4.
Sesudah itu, area yang telah di airbrush tadi remasking (menutup kembali area yang telah di airbrush dengan masking tape, gunakan bekas potongan yang telah di cutter lihat Gb.5, ane tandai panah hijau bolak balik, gambar yang telah di cutter kembalikan ke tempat semula ).
Kemudian ganti dengan pengerjaan bayangan teks yang berwarna hitam, seleasai dengan warna hitam, remasking lagi area tersebut seperti cara di atas, lalu kerjakan bagian background grafitti yang berwarna biru laut, dan tentu saja dengan melepas masking tape yang sudah di cutter tadi, hehe.....
Dan.... taram.... helm ber grafitti sudah jadi dan siap kita labur dengan clear coat (pernish).  Semoga bermanfaat dan salam FaNee airbrush.
Nb : sekitar pertanyaan dan kritik saran bisa di sampaaikan lewat kolom komentar atau SMS cp : FaNee Arbrash 083830242625, terima kasih sobat Jee...
Bonus:


64 comments:

  1. sob, ane mau minta tips..
    rencananya ane mau cat body motor ane sendiri (jupiZ)karena kebentur dana kalo cat ke masternya.wkwkwk maklum kantong pelajar...
    ane bener2 newbie kalo masalah cat mengecat.kira2 apa aja yang dibutuhin,merk cat yg bagus sama kisaran harga cat/vernis brapa?

    tadinya ane mau pake cat instan, tapi pas tau kedepannya bakal nyusahin jadi dicancel dah.wkwkwk
    sorry sob kalo ane banyak tanya.
    mohon bantuannya ya.

    ReplyDelete
  2. ok bro yudha... sory baru bisa balas komen ente nih, kalo mo ngecat sendiri berarti dah punya kompressor donk. Langsung aja, cat yg baik itu banyak sob, berbagai merk, ada nippe, alfa gloss, dll. Kalo menurut ane g perlu cat mahal ya, penting prosesnya yg baik dan teratur.Bahannya : epoxy (ane estimasi 1 body komplit habis 1/2 liter epoxy), cat dasar (ini hanya sebagai alternatif aja, g pake juga g papa), cat warna 1 liter, pernish 1 liter, kertas gosok 800,1200 sama 2000, kit wax, kompon putih. Dah ane tulis semua, kalo ada yg masing bingung, send to falaqnita@gmail.com, insya Allah ane balas, makasih dah berkunjung, sukses ngecatnya ya...

    ReplyDelete
  3. ane m0 tanya bang,biar pernis hasilnya maksimal gmn caranya, biar kering n bening,,
    tq bang..

    ReplyDelete
  4. Yaps bro Anonymous, terima kasih untuk kunjungannya.
    Untuk hasil maksimal tahap pernish ada beberapa faktor : 1. Sumber daya manusia yg mumpuni
    2. kualitas pernish itu sendiri
    3. area kerja yg bersih
    4. proses kerja yg baik
    Keempat hal ini gak bisa dipisah-pisah.
    Jadi untuk hasil pernis harus mencukupi ke empat faktor di atas, sudah ane jabarin semua di beberapa postingan, sobat tinggal obok-obok ini blog, seperti artikel proses setelah pernish, silahkan di baca dan terima kasih...

    ReplyDelete
  5. Bro ane mau minta tips,. Bagusny klo airbrush helm motif ape ye yg keren ? Helm GX bro. Tq.

    ReplyDelete
  6. Bro ane mau minta tips,. Bgusny klo airbrush helm halfface motif ape ye yg keren & murah buat kantong pelajar? Tq bro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, terima kasih udah mampir. Untuk helm halfface cocoknya ya mural (karakter kartun) atau grafitti (nama ortu,pacar,TTM,atau bisa juga nama sendiri.semoga membantu.

      Delete
  7. mas ane udeh terapkan tutorial nya... tp yg jadi pertanyaan pas cutting masking tape... bekas potongan nya kok keliatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Usahakan mata cutter jgn terlalu menekan saat motong masking tape, jika mata cutter dirasa udah cukup tumpul harap diganti yg baru atau dipotong biar tajem lagi.Untuk pemula Memang Agak membekas, tp Sering2 Latihan nanti Pasti beda Feelnya.

      Delete
  8. pas cutting masking tape nya... apa ga membekas mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti hal nya seorang pemula, airbrusher yg expert pun kadang juga membekas kok,ini hanya masalah meminimalisir bekas cutternya saja. Dan trik untuk menyamarkan jejak cutter saat proses clear coat. Terima kasih sdh berkunjung.

      Delete
  9. oh jadi itu hal biasa ya mas... Soalnya ane udah nyoba nyoba mengikuti step d atas tapi ane pake silet biasa... Iya mas sama2 ane butuh blog sperti punya mas ini, maklum masih pemula...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hal biasa, tapi jgn dijadikan kebiasaan ya, usahakan seminim mungkin jejak cutternya, terus berlatih dan makan Sonice, hehe... terima kasih udah berkunjung... :)

      Delete
  10. oh jadi itu hal biasa ya mas... Soalnya ane udah nyoba nyoba mengikuti step d atas tapi ane pake silet biasa... Iya mas sama2 ane butuh blog sperti punya mas ini, maklum masih pemula...

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. Hehe... kalo ada FB silahkan gabung di grup BELAJAR AIRBRUSH DAN PENGECATAN, disana banyak temen2 Yg Udah Expert Sob... Bisa Nambah Ilmu dan Sharing juga... Terima Kasih..

      Delete
  12. gan cara buat warna merah yg kayak merah mio tu gimana
    ?
    dan merah apa tu nama nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks udah mampir sob, kalo warna mio pake cat candy sob, bilang aja cat merah jenis candy. Untuk aplikasinya, setelah warna dasar (bisa silver metallic atau gold metallic, cat candy disemprot ke atas cat metallic tadi, nah jenis cat candy kan transparan, ntar metallicnya tetep keliatan kok. Semoga membantu & untuk lebih lengkap sillahkan join di grup FB dgn alamat di atas.

      Delete
  13. mas gmn caranya agar pen airbrush ga cepet mampet,krn itu mengganggu di saat kita lagi menggambar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komposisi cat untuk airbrush agar dibuat sedikit encer, saring cat sebelum dituang ke canting penbrush, sering2 bersihin penbrush ente sob, semoga membantu...

      Delete
  14. pake cat merek suzuka emang hasilnya bagus kah?
    kenapa ko punyaku klo lamama ke lamaan warnanya jadi pudar,apakah salah campuran thinernya,atau thinernya terlalu keras?
    terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk rentang harga, merk suzuka termasuk cat yg murah kualitasnya pun harap dimaklumin sob... untuk cat yg pudar bisa jadi prosesnya masih kurang sip, kalo pake merk suzuka harap dilapis sampai agak tebel, gunanya biar cat gak gampang pudar. Biasanya warna candy dan stabilo yg gampang pudar... tp dgn di cat beberapa lapi, insya Allah cat jd gak gampang pudar kok...

      Delete
  15. pake merk spies hecker atau de beer biar tahan lama, di jamin konsumen puas dan ga balik lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih atas masukannya sobat Anton, hanya menyesuaikan kondisi konsumen saja... terimakasih udah berkunjung...

      Delete
  16. bos aq mu tanya ne maslh airbrush,rncana aq mu airbrush mtor nah tu si motor pake wrna biru kombinasi wrna yg oke make wrna ap ya bos..tlong knfrmsi bliknya..aq tnggu..

    ReplyDelete
  17. mas, kalo msalnya mau buat airbrush grafis di helm ato mtor, yg prtama d'buat tuh grafisnya dlu, garisnya dlu, ato wrna dasarnya dlu ?
    thnks sblumnya

    ReplyDelete
  18. mas, kalo mau nyari masking tape yang lebar ama yg kecil dimana ya...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hub no.083830242625 ukuran 1,5-2 dan 3 mm ada..

      Delete
    2. bos, bgmna carax biar pertemuan corak jdi gak trasa??

      Delete
    3. Setelah pernis lapis pertama kering,ente bisa amplas dgn amplas 1200 sampai terasa rata antar semua pertemuan warna,setelah itu pernis lagi lapis berikutnya.

      Delete
  19. Replies
    1. Oke... sama sama sobat Jemmy... terima kasih juga atas kunjungannya....

      Delete
  20. gan mau tanya , motif apa yang pas buat helm INK warna abu2? yang keren gitu gan. kalo bisa ada gambarnya. makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua warna beernya cocok aja... asal padu padannya pas... coba deh warna2 stabilo diaplikasikan...

      Delete
  21. gan mau tanya.. motif dan warna apa yang baik buat helm iNK warna abu abu? kalo bisa yg ada grafis dan gambar nya. makasih :)

    ReplyDelete
  22. Assalamuallaikum kk mau tanya kalau ukuran cat perbandingan cat ama thiner brapa ya kk soal nya tsakut kental atau takut encer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara umum 1:1 sob... kalo masih trlalu kental bisa ditambah lagi dikit2 thinernya...

      Delete
  23. Bang gans hehe saya mau nanya nih. Saya kan mau ngecat body satria FU, kalo warna cat yg simple tapi manis itu apa aja ya ?
    Tapi warna dasar saya pake warna hitam candy. Oh iya, catnya candy semua tapi ya bang gans hehe

    Makasih ya bang gans. Mohon di reply

    ReplyDelete
  24. buat bODY MOTOR bisa gak gan ,..

    ReplyDelete
  25. Gan rumus buat warna ping stabilo ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahan dasar beda dengan cat solid, lebih baik beli jadi...

      Delete
  26. Gan penbrush klo pake kompresor mrek shark ukuran sdang yg biasa di bengkel" itu ....bisa gak ya

    ReplyDelete
  27. Gan mau tanya donk:

    Ane newbie gan tp mau memperdalami seni pengecatan dan airbush, ane mau beli perlengkapan yg dbutuhkan gan, jadi yg mau dtanyakan adalah:

    1. Apa saja yang ane perlukan (ane beli)? hanya untuk mengecat skala kecil paling cat2 biasa
    2. Rekomendasi merk yg pas? (gx usah yg mahal, yg lumayan aja gan)
    3. Tempat penyedia peralatan-na yg rekomend dimana gan?

    Terima kasih...

    ReplyDelete
  28. gan mau nanya dong ane masih newbie nih masalah ngecat pake kompresor,kalo ukuran ngecat pake kompresor takeran cat sama tiner segimana and kalo pas finising pernisnya di kasih tiner apa engga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara umum 1:1 , untuk finishing tergantung kebutuhan dan juga viscositas (keenceran) pernis itu sendiri. Bisa ditambahkan bisa juga enggak...

      Delete
  29. gan mau nanya dong ane masih newbie nih masalah ngecat pake kompresor,kalo ukuran ngecat pake kompresor takeran cat sama tiner segimana and kalo pas finising pernisnya di kasih tiner apa engga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umumnya cat NC pake rasio 1:1. pernis kalo udah encer drpabrikan kasih sedikit thiner atau gak pake thiner juga boleh.

      Delete
  30. Om ane mau tanya nih
    1.jika warna cat doff trus di vernish pake clear glosy effect apakah glosy atau doff y
    2. Untuk epoxy,cat priemer,cat dasar, thiner dan vernish apakah harus satu merk atau gmn?
    3. Untuk ngemix cat apakah ada effect.y jika tidak satu merk cat dan thiner?

    ReplyDelete
  31. Om ane mau tanya nih
    1.jika warna cat doff trus di vernish pake clear glosy effect apakah glosy atau doff y
    2. Untuk epoxy,cat priemer,cat dasar, thiner dan vernish apakah harus satu merk atau gmn?
    3. Untuk ngemix cat apakah ada effect.y jika tidak satu merk cat dan thiner?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. cat doff dilapisi pernis gloosy akan gloosy juga, cat gloosy dilapisi pernis doff akan ngedoff.
      2. Tidak harus 1 merk, meskipun jika bisa akan lebih baik jika 1 merk.
      3. Tidak juga. Hanya saja, setiap warna yang sama tapi berbeda merk, tentu berbeda standart warna atau pantonenya. Alangkah baiknya memakai 1 merk.
      semoga membantu.

      Delete
  32. klw mau nyari stencil air brush beli nya di na ya
    dan kalau cat air brush bagus nya pake merek apa gan,
    tolong di beri petunjuk hihihi maklum masi pemula om..!!!:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk stencil udah pernah ane bahas, di obok obok lagi blog ini. Sellernya punya nama Musse Jr.

      Delete
  33. kalau cat air brush cat nya khusus kah om,atau sembarang aja
    mohon petunjuk nya om hihihi masi pemula

    ReplyDelete
  34. klw mau nyari stencil air brush beli nya di na ya
    dan kalau cat air brush bagus nya pake merek apa gan,
    tolong di beri petunjuk hihihi maklum masi pemula om..!!!:-)

    ReplyDelete
  35. bro, apa boleh,catnya itu d campur sama gliter, maaf pemula, masih butuh bimbingan

    ReplyDelete
  36. If some one wants expert view concerning blogging after that i
    recommend him/her to go to see this blog, Keep up the pleasant job.

    ReplyDelete
  37. It's great that you are getting thoughts from this post as well as
    from our dialogue made here.

    ReplyDelete

Jika menurut sobat artikel di blog ini bermanfaat, silahkan berkomentar untuk perbaikan blog kedepan, terima kasih sobat jee...