Friday, April 26, 2013

Mengenal istilah dan jenis-jenis Cat (PU/poly urethane)


Assalamu'alaikum sobat Jee...  Beberapa hari yang lalu, ada pertanyaan dari pembaca blog ecek-ecek ini, hehe... tentang jenis cat apa yang dipakai untuk pengerjaan airbrush dan otomotif (dalam hal ini mobil atau motor).  Sebenarnya, di artikel yang lalu sudah pernah ane singgung tentang jenis dan ragam cat, tetapi mungkin dah ketimbun postingan lain, jadi para pembaca blog ini agak malas untuk mencari di sidebar label.  Tetapi sobat Jee,
berhubung ane baik dan tidak sombong, okelah kalo beg... beg... begitu, akan ane siarin ulang di postingan ini...  Jadi yang dah tau, jangan bilang-bilang ya, biar seru aja ngebacanya....

Langsung ke pokok bahasan kita, Jenis cat sendiri terbagi menjadi dua, diantaranya : Jenis NC kepanjangan dari Nitro cellulose, jenis yang kedua adalah PU kepanjangan dari Poly Urethane, orang biasa menyebut cat ini dengan sebutan cat piyu (bukan gitaris grup band Padi lho ya...).

Biar gak banyak cincong, disini ane hanya menjelaskan yang berjenis PU saja, kalo untuk yang NC akan ane buatin postingan lain.  Lets Go....  Cat dengan jenis PU ini sangat dipercaya oleh pelaku industri pengecatan, baik perusahaan mobil, motor, atau bengkel cat mobil dan airbrush (meskipun cat airbrush ada jenisnya sendiri), di karenakan mempunyai beberapa keunggulan dibanding jenis NC, tetapi juga tidak luput dari kelemahannya.

Beberapa keunggulan cat jenis PU adalah : Daya kilap yang tinggi (kinclong banget pokoknya), daya tutup permukaan yang bagus, keras, tahan gores, tidak cepat pudar, variasi warna yang banyak sekali, itu adalah keunggulannya, sedangkan kelemahannya adalah : Daya kering yang lama (untuk sebagian bengkel cat yang tidak memiliki oven), sangat mahal (per liter mencapai 200.000 ke atas, bahkan bisa lebih), sulit di dapat kecuali di toko cat khusus otomotif.

 Cat dengan jenis ini banyak dipakai untuk mobil-mobil pribadi, mobil atau motor untuk modifikasi karena memang awet dan hasil yang sangat "WAH", beberapa merk yang ane ketahui dari jenis PU ini adalah : Blinken, Spies hecker, Sikken akzonobel, Auto glow, Dupont duxone, Galaxy paint dan juga Rexel.

  Dari beberapa merk yang ane sebutin tadi, memang ada yang mempunyai specialis tersendiri, contoh adalah Spies hecker specilais cat bunglon beberapa warna, meskipun berbeda dalam hal rentang harga, tetapi tetap saja

masing-masing memiliki sifat yang hampir sama, dikarenakan dari jenis yang sama, gimana sobat Jee...? pasti paham donk, sekian postingan ini semoga bermanfaat dan jangan bingung lagi ya... hehe..., salam FaNeeArbrasH...

10 comments:

  1. Replies
    1. Terima kasih untuk pujiannya Sobat hell my, terimakasih untuk kunjungannya... :)

      Delete
  2. Nice report.. :) -̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶..

    ReplyDelete
  3. Youre welcome... thanks for visiting my little blog

    ReplyDelete
  4. trimakasih atas penjelasannya gan....mau nambah pertanyaan nih.....bagaimana dengan jenis dan keunggulan epoxy? apa sebaiknya harus di epoxy dulu atau bisa langsung cat saja? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa jenis epoxy memang mengandung sejenis formula perekat untuk media plastik logam, ada juga epoxy sebagai pelapis anti karat seperti epoxy filler, jadi untuk epoxy sendiri ane kira wajib di aplikasi sebelum proses pengecatan sob...

      Delete
  5. agan Muhammad Falaq, ane pemula banget soal airbrush nih. ane ada pertanyaan yang mendasar soal beginina.

    1. cat yang bagus untuk airbrush merk apa? (jgn yg mahal-2 dan jgn yg murahan). termasuk clean cat sebagai pelapis terkahir setelah process cat dan lainnya beres.

    2. soal tinner. setau ane cuma ada 1 yang untuk urusan cat mencat. apa ada jenis tinner lain gan?

    3. kalau mau dapaet hasil yg bagus.. brp banding brp antara cat dan tinner?

    d tunggu nih inputnya.. heheheheheheheh..

    thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk cat bisa pake danaglos atau penta, clear bisa pake produk blinken sob. Masalah jenis tiner banyak jenis, salah satu yg dipake ya jenis PU. Minimal perbandingan 1:1 ,untuk tiner bisa ditambah sedikit demi sdikit sesuai kekentalan dr merk cat tsb.

      Delete

Jika menurut anda artikel di blog ini bermanfaat, monggo komentarnya untuk perbaikan blog ke depan, terima kasih sob...