Friday, April 26, 2013

Mengenal istilah dan jenis-jenis Cat (PU/poly urethane)


Assalamu'alaikum sobat Jee...  Beberapa hari yang lalu, ada pertanyaan dari pembaca blog ecek-ecek ini, hehe... tentang jenis cat apa yang dipakai untuk pengerjaan airbrush dan otomotif (dalam hal ini mobil atau motor).  Sebenarnya, di artikel yang lalu sudah pernah ane singgung tentang jenis dan ragam cat, tetapi mungkin dah ketimbun postingan lain, jadi para pembaca blog ini agak malas untuk mencari di sidebar label.  Tetapi sobat Jee,
berhubung ane baik dan tidak sombong, okelah kalo beg... beg... begitu, akan ane siarin ulang di postingan ini...  Jadi yang dah tau, jangan bilang-bilang ya, biar seru aja ngebacanya....

Langsung ke pokok bahasan kita, Jenis cat sendiri terbagi menjadi dua, diantaranya : Jenis NC kepanjangan dari Nitro cellulose, jenis yang kedua adalah PU kepanjangan dari Poly Urethane, orang biasa menyebut cat ini dengan sebutan cat piyu (bukan gitaris grup band Padi lho ya...).

Biar gak banyak cincong, disini ane hanya menjelaskan yang berjenis PU saja, kalo untuk yang NC akan ane buatin postingan lain.  Lets Go....  Cat dengan jenis PU ini sangat dipercaya oleh pelaku industri pengecatan, baik perusahaan mobil, motor, atau bengkel cat mobil dan airbrush (meskipun cat airbrush ada jenisnya sendiri), di karenakan mempunyai beberapa keunggulan dibanding jenis NC, tetapi juga tidak luput dari kelemahannya.

Beberapa keunggulan cat jenis PU adalah : Daya kilap yang tinggi (kinclong banget pokoknya), daya tutup permukaan yang bagus, keras, tahan gores, tidak cepat pudar, variasi warna yang banyak sekali, itu adalah keunggulannya, sedangkan kelemahannya adalah : Daya kering yang lama (untuk sebagian bengkel cat yang tidak memiliki oven), sangat mahal (per liter mencapai 200.000 ke atas, bahkan bisa lebih), sulit di dapat kecuali di toko cat khusus otomotif.

 Cat dengan jenis ini banyak dipakai untuk mobil-mobil pribadi, mobil atau motor untuk modifikasi karena memang awet dan hasil yang sangat "WAH", beberapa merk yang ane ketahui dari jenis PU ini adalah : Blinken, Spies hecker, Sikken akzonobel, Auto glow, Dupont duxone, Galaxy paint dan juga Rexel.

  Dari beberapa merk yang ane sebutin tadi, memang ada yang mempunyai specialis tersendiri, contoh adalah Spies hecker specilais cat bunglon beberapa warna, meskipun berbeda dalam hal rentang harga, tetapi tetap saja

masing-masing memiliki sifat yang hampir sama, dikarenakan dari jenis yang sama, gimana sobat Jee...? pasti paham donk, sekian postingan ini semoga bermanfaat dan jangan bingung lagi ya... hehe..., salam FaNeeArbrasH...

161 comments:

  1. Replies
    1. Terima kasih untuk pujiannya Sobat hell my, terimakasih untuk kunjungannya... :)

      Delete
  2. Nice report.. :) -̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶..

    ReplyDelete
  3. Youre welcome... thanks for visiting my little blog

    ReplyDelete
  4. trimakasih atas penjelasannya gan....mau nambah pertanyaan nih.....bagaimana dengan jenis dan keunggulan epoxy? apa sebaiknya harus di epoxy dulu atau bisa langsung cat saja? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa jenis epoxy memang mengandung sejenis formula perekat untuk media plastik logam, ada juga epoxy sebagai pelapis anti karat seperti epoxy filler, jadi untuk epoxy sendiri ane kira wajib di aplikasi sebelum proses pengecatan sob...

      Delete
  5. agan Muhammad Falaq, ane pemula banget soal airbrush nih. ane ada pertanyaan yang mendasar soal beginina.

    1. cat yang bagus untuk airbrush merk apa? (jgn yg mahal-2 dan jgn yg murahan). termasuk clean cat sebagai pelapis terkahir setelah process cat dan lainnya beres.

    2. soal tinner. setau ane cuma ada 1 yang untuk urusan cat mencat. apa ada jenis tinner lain gan?

    3. kalau mau dapaet hasil yg bagus.. brp banding brp antara cat dan tinner?

    d tunggu nih inputnya.. heheheheheheheh..

    thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk cat bisa pake danaglos atau penta, clear bisa pake produk blinken sob. Masalah jenis tiner banyak jenis, salah satu yg dipake ya jenis PU. Minimal perbandingan 1:1 ,untuk tiner bisa ditambah sedikit demi sdikit sesuai kekentalan dr merk cat tsb.

      Delete
  6. gan ane mau tanya nih...mohon pencerahanya yah....please..

    1.berapa harga cat yg khusus airbrush...kwalitas menengah.

    2.setiap ane buat garis atau line sering bocor gan...kira2 apa penyebabnya?apa karna masking tape yg kurang bagus atau karna kekentalan catnya yang kurang pas??

    3.masking tape yang bagus dan mudah dicari di pasaran merek apa??

    Makasih bgt gan atas masukanya......good look...salam semprot....

    ReplyDelete
  7. Untuk cat khusus airbrush ane kira bisa sesuaikan medianya saja, kalo buat teksil ya pake cat khusus tekstil, untuk media logam/ plastik abs ya pake aja cat PU atau jenis NC. Jawab no.1 kwalitas menengah bisa pake danapaint sekitar 100 keatas perkilonya. No 2 Bisa karena cat yg terlalu encer, bisa juga karena masking tape yg berongga disisinya. Tips ketika akan diairbrush, ada baiknya masking tape diurut tekan pake jempol, ini untuk melekatkan lg barangkali ada bagian yg tdk melekat dgn sempurna. No.3 bisa pake yg merk Nachi tape, menurut saya merk ini punya daya rekat yg bagus. Semoga membantu.

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum sob, pengen nanya2 nih tentang cat mencat. Ane dah hampir prustasi,gara2 ngcat tanki motor ane gak siap2. Mslhnya ane gak tau tahap demi tahap yg bagus dlm dunia airbrush. Akhirnya hasilnya jelek,kurang halus,dan gak m'kilap. Skrg bisa gak sob ente kasih jurus ampuh ma ane tentang airbrush?. Di tunggu ya...,!. Wassalam....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerok sampai terlihat logam, tahap 1.epoxy filler> kering dan amplas rata secukupnya. Tahap 2.Dempul bila perlu>kering amplas rata. Tahap 3.Epoxy surfacer>kering amplas rata. Tahap 4.Warna dasar, bisa putih dll>kering amplas bagian yg mungkin kotor. Tahap 5.Warna+ Airbrushnya. Tahap 6.pernis rata>biarkan kering 1X24 jam. Tahap 7.Pernis lagi bila perlu>kering amplas rata dgn 1200 dan 2000. Tahap 8.pernis lagi sebagai lapisan terakhir. Selesai.

      Delete
  9. Cat merek apa untuk blok mesin motor yg panas supaya cat ga luntur pas panas ya bro? Trmksih sblumnya bro..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pake jenis hi temperatur atau pake cat jenis PU di mix ama clear PU dan jangan lupa hardenernya di sertakan sesuai takaran.

      Delete
  10. Replies
    1. Thank U master , sesama blogger mah kudu rukun selalu... makasi uda mampir sob...

      Delete
  11. Halo gan, mau tanya.. ane baca kemasan epoxy kan bahan dasarnya PU (2komponen), brarti untuk thinnernya harus pake PU jg kah? krna dulu2 ane epoxy campuran thinnernya cobra yg trnyata NC..
    satu lg gan, ane baca2 merek dan tipe clear.. dan hasil yg ane dapet adalah (kesimpulan ane brdasarkan baca spek produk): kalo clear 2Komponen (base+hardner) itu sudah pasti bahan dasarnya PU ya? Brarti pakai thinner PU?..dan clear 1K rata2 NC? Brarti thinner bisa pakai sekelas kobra gitu ya gan?.

    Thanks ya gan.. mohon pencerahannya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo jg gan.... yups, pengamatan sobat udah betul sekali, untuk lbh aman semua jenis NC bisa pake thiner PU, tetapi untuk sebaliknya gak bisa. Semoga mencerahkan..

      Delete
  12. mau tanya donk bos cat buat rangka baja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat rangka baja biasanya pake cat dasar berbahan Zinchromate, biasanya warna hijau atau merah/pink. Pakai thiner jenis B. Cepat kering bro.

      Delete
  13. mau tanya bos,,, cat buat rangka baja merek polyurethane alkyd copolymer ? dimana ya ada yg jual merek di atas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba sobat tanya di toko bangunan skala besar, biasanya jual, termasuk cat kapal juga.

      Delete
  14. Klo cat nya pakek cat PU clear sama tiner nya Buat nyampur...lebih bagus pakek apa pak?

    ReplyDelete
  15. Mau nanya mas..untuk oplos cat hitam toyota yg hatus di beli cat apa aja ya mas?

    ReplyDelete
  16. sangat membantu, rencana saya mau ngecat kendaraan nih.... Trimakasih Banyak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama sobat andre... Terima kasih juga udah mampir di bengblog ini...

      Delete
  17. Thanks bro infonya

    ReplyDelete
  18. Gan ane ditawarin pengecatan mobil dgn cat PU. Jadi utk pengerjaannya tidak perlu vernish lagi stlh pengecatan karena cat PU katanya sdh mengandung vernish. Mohon infonya gan seharusnya spt apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa cat PU yang pernah ane tahu memang mengandung clearcoat, tapi gak semua PU. Yg jelas, meskipun begitu, tetep aja itu cat tanpa hardner, jadi perlindungan terhadap goresan semakin rawan, sebaiknya di clear aja.

      Delete
  19. Ngebantu bgt ni artikelnya om.
    Bs tlg bantu info utk :
    1. Takaran Thinner dgn Epoxy
    2. Takaran Thinner dgn Cat warna
    3. Takaran Thinner dgn Clear
    Mhn pencerahannya om. Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara umum untuk jawaban no. 1. Epoxy:hardner:thiner = 4:1:3
      no. 2. Cat:Thiner = 1:0,5 no. 3. Clear:hardner:thiner 4:1:2 Untuk clearcoat harus dilihat juga saat pembelian Clear dgn hardner dapet berapa ml? Misal masing2 komponen 250ml, berarti perbandingan 1:1.

      Delete
  20. Untuk ukuran 1/4 apa ada?merk dan kisaran berapa hrganya?di sini susah cari jenis cat pu

    ReplyDelete
  21. Gan artikelnya bagus. Mau nanya dong untuk cat interior mobil - bagian plastik2nya :
    1. Merk apa yg bagus ya?
    2. Supaya gak cepat ngelupas di bagian yang sering tergesek pake apa ya??
    3. Kl tanpa oven pake cat apa ya?? PU or gmna?

    Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.Top color bagus harga terjangkau
      2.Pakai pernis dan pengrjaan yg bagus
      3.semua jenis cat baik PU atau NC bisa kering ruangan atau tanpa oven. Terima kasih kembali.

      Delete
  22. cat sering ngembang/mengkerut pada saat di clear, penyebabnya apa mas??
    makasi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak faktor sob... 1. Rasio thiner dan cat kurang pas (cat cenderung encer dan tipis) rawan cracking.
      2.Pelapisan clear per layer langsung tebal, permukaan cat gak kuat menahan kerasnya clear:thiner:hardner.
      3. Jarak spraygun terlalu dekat ketika proses. Monggo di analisa mana yg paling krusial.

      Delete
  23. Permisi gan mau tanya..bisakah cat PU dicampur clearcoat beserta hardener dan apakah keunggulannya jika dilakukan cara sedemikian?
    Terimakasih gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sisi unggulnya cuma masalah praktis aja, lebih hemat waktu.

      Delete
  24. bermanfaat ilmunya… smoga lebih banyak lagi pengetahuan,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... terima kasih juga udah berkunjung di warung ane sob...

      Delete
  25. mohon pencerahan suhu..
    1.ane mo ngecat full body jazz idsi ane mau pake merk spies hecker,kira2 ngabisin brp kg ya cat nya.
    2.suhu tahu harga - expoy surfacer spies heckker? - cat spies hecker - thinner spies hecker.
    klo mau cat full body kerok jazz kira2 habisin berapa tiap2 kaleng y, terima kasih suhu atas perhatian nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sobat bavao kelas berat nih, sedang ane brusher kelas teri... hehe... tp ane coba bantu sebisanya.
      Karena sifat cat PU dengan daya tutup yg bagus...
      1. Kurang lebih 1,5 kg
      2. Untuk semua harga ane gak begitu tau, hanya untuk pernisnya Insya Allah masih direntang 600ribuan, jd bisa buat kira2 berapa harga epoxy dan catnya. Untuk epoxy lebih sedikit dari catnya.

      Delete
  26. bang kalo merek cat yg high temperature apa ya? bukan yg sejenis pilox tapi,kalo blinken/sikkens/SH ada yg anti panas ga sih? khususnya untuk blok motor/knalpot/bagian yg panas2

    makasih

    ReplyDelete
  27. Terima kasih infonya gan.
    Lumayan buat nambah elmu.

    Finishing Floor
    Kelebihan Epoxy.

    ----------

    ReplyDelete
  28. mo nanya nih gan... klo cat aluminium epoxy mastic dan cat polyurethane alkyd copolymer berapa harganya ??

    ReplyDelete
  29. mau nanya,langkah apa saja jk sy mau ngeclear ulang body motor jk cat masih bawaan pabrik?rencana mau pake clear coat blinken HS8100,TKS..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amplas rata dengan amplas no.2000, baru kemudian di clear... usahakan jgn langsung tebel ya, bertahap aja.

      Delete
  30. bang cat dan clear coat apa ya untuk high temp yang recommended untuk blok/knalpot? tolong sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba merk samurai sob.... aplikasi jangan terlalu tebel...

      Delete
  31. gan, kalo cat yang cocok untuk model kit apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pake cat decanting dr beberapa merk yg beredar, seperti suzuka, rj atau samurai, hanya saja aplikasinya harus menggunakan epoxy primer sob.

      Delete
  32. Sob.mw nanya ...penjualan cat dengan pengiriman..sperti spies hecker,blinken,pramila....?makasih

    ReplyDelete
  33. Bos penjualan cat sperti Hs..blinken.pramila..yg bisa di antar...makasih

    ReplyDelete
  34. Terima kasih infonya gan, mantabbbssss...........
    Ditunggu postingan2 berikutnya.

    Finishing Floor Hardener
    Harga Epoxy dan Hardener.

    ----------

    ReplyDelete
  35. Gan ane mau nanya ? Kalo cat anti bakar ada nggak .yang buat mesin sepeda motor

    ReplyDelete
  36. Gan ane mau nanya ? Kalo cat buat ngecat mesin sepda motor itu merk apa ?? Tlong kasih masukan gan

    ReplyDelete
  37. Selamat siang Gan..
    perkenalkan saya alfin .

    sya punya pr yg blm terjawab sampe sekarang ini mungkin agan bisa bantu trimakasih seblmunya

    1. gan klo cat mebil mercy itu pake cat apa ?
    2. Saya punya temen dia pake cat mersi merk nya ''HARKA'' katanya sih yg dipake buat ngecat mobil mercy..mengenai kwalitas bagaimana gan ?
    3.untuk lapisan terakir pake DELTRON GLOBAL REFINISH SYSTEM, D8105 CERAMICLEAR KWALITAS SEPERTI APA ,
    4. Kalau di bandingkan dgn cat yg merk lain masuk urutan kelas berpa ? misalnya di bandingkan dgn blinken , dgn spies haker

    thxs gan

    ReplyDelete
  38. Sangat bermanfaat n sangat responsif.. Maaf klo pertanyaan sy gabagus.. Klo mau siram bodi mobil, cat lama bs lngsung ditimpa surfacer atw hrs ampelas dulu?
    Klo lngsung ditimpa ataw ampelas dulu apa klbihan dan kekurangannya?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  39. Mas.mau nanya nih Cara yg bagus kuat dan awet buat mesin motor khusus 4Tak apa ya Mas. Mulai dari dasar sampai finishingnya mas.
    Pengalaman pernah cat pake dasar epoxy filler suzuka,naik warna nippe2000 fenish doff tapi gak tahan mas, selang 1nln lgsg rontok kembali. Mohon pencerahannya. Matur tengkiu

    ReplyDelete
  40. Mas mau tanya nih, jenis dan merk cat apa mas yg tahan dan awet buat Cat khusunya Engine/blok silynder mesin motor khususnya 4 tak mas. Mulai dari tahap awal sampai finishingnya ma???
    Pengalaman cat epoxy filler suzuka, naik warna lalu finishingnya un clear Lux alhasil pemakaian 1bln cat pada rontok kembali. Mohon sarannya mas. Terimakasih sblmnya.

    ReplyDelete
  41. Mas mau tanya nih, jenis dan merk cat apa mas yg tahan dan awet buat Cat khusunya Engine/blok silynder mesin motor khususnya 4 tak mas. Mulai dari tahap awal sampai finishingnya ma???
    Pengalaman cat epoxy filler suzuka, naik warna lalu finishingnya un clear Lux alhasil pemakaian 1bln cat pada rontok kembali. Mohon sarannya mas. Terimakasih sblmnya.

    ReplyDelete
  42. Mas.mau nanya nih Cara yg bagus kuat dan awet buat mesin motor khusus 4Tak apa ya Mas. Mulai dari dasar sampai finishingnya mas.
    Pengalaman pernah cat pake dasar epoxy filler suzuka,naik warna nippe2000 fenish doff tapi gak tahan mas, selang 1nln lgsg rontok kembali. Mohon pencerahannya. Matur tengkiu

    ReplyDelete
  43. Pada khususnya memang ada cat hi temp yang dikhususkan untuk media yang selalu terpapar atau bersentuhan langsung dengan sumber panas, hanya saja secara umum toko cat jarang sekali yang jual cat yang demikian, kalaupun ada pasti yang jenis spray atau instan. untuk mensiasati hal tersebut, udah ane buatin tuh tips triknya di blog ini.

    ReplyDelete
  44. Pak mohon bimbingannya untuk pengertian arti perbandingan cat
    Misal. Clear:hardiner:thiner = 4:1:3
    Itu sama dengan artinya misal
    400ml:100ml:300ml ya pak?

    Terimakasih

    ReplyDelete
  45. mau tanya gan, mau cat motor matic nih (full body) kaki-kaki(termasuk blok cvt) blok mesin dan rangka masih dipikirkan, cat dari PU yg paling bagus/menengah ke atas apa yah kira2 abis brpa kg (cat,tiner pernist) kalo bisa cantumin harganya di perkirakaan gan? terimakasih banyak~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cat bisa pake merk premila, rata2 cat PU agak mahal sih. seperempat bisa sampek 70.000 nah tinggal dikalikan tuh... thiner kemungkina abis 2 literan jika dihitung sekalian ama pernisnya.pernis 1 kilo cukuplah. karrna harga thiner dan pernis bervariasi tergantung merknya juga, akan lebih baik lagi kalo sobat Ghali langsung aja ke Toko cat mobil, disana nanti sobat bisa langsung konsultasi tentang merk dan harganya.

      Delete
  46. Mas mau tanya nih, begini... saya mau mengecat ulang sepeda gunung saya tapi saya tdk tahu langkah langkah yang harus saya lakukan untuk mendapatkan hasil yang bagus dan tolong kasih masukan donk mas tentang cat,thinner,epoxy,clear yang bagus merknya apa dengan harga menengah.

    Sangkyu gan, ngomong" keren banget artikelnya

    ReplyDelete
  47. Permisi mas mau tanya nih, begini mas sbnrya saya mau mengecat ulang sepeda gunung saya tapi, saya tdk tahu langkah" apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan hasil yg bagus, dan tolong kasih saran donk mas tentang merk cat,tinner,epoxy,clear dengan harga menengah ^^

    Sblmnya terima kasih mas dan semoga sukses selalu.

    ReplyDelete
  48. Mas mau tanya nih...begini mas sbnrnya saya mau mengecat ulang sepeda gunung sya tapi, saya tdk tahu langkah" yang harus saya lakukan utk mendapatkan hasil yang bagus dan tolong kasih saran donk mas tentang merk cat,tinner,epoxy,clear,hardner dengan harga menengah.

    Sblmnya terimakasih, ngomong" artikelnya keren banget mas dan semoga sukaes selalu ^^

    ReplyDelete
  49. Mas mau tanya nih... begini mas sbnrnya saya mau mengecat ulang sepeda saya tapi saya binggung langkah" apa saja yg harus saya lakukan untuk bisa mendapatkan hasil yang bagus dan kasih saran donk mas tentang merk/produk cat,tinner,hardner,epoxy, dan clear dengan harga menengah.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begini sobat Agus... Sebaiknya cat yang lama dikerok abis, nah untuk step-stepnya Silahkan di epoxy filler dulu lapisan logamnya. kering dan kemudian diamplas tipis2 secara ringan. bisa langsung di cat dasaran dulu, kemudian lanjut cat warnanya. kering tinggal dipernis.

      Delete
  50. Boss.. tnya donk, klo cat hitam gloss yg bagus n hitam bgt tpi trjangkau merk apa ya..? Trus top coat NC bsa ga pke clear coat PU,? Yg trakhir thinner cobra yg hitam atau hijau sama2 jenis NC ya?

    ReplyDelete
  51. infonya sungguh membantu, mampir ya ke tempat cat motor ane
    https://catmotormurahjakartatimur.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  52. agan ganteeng,minta pencerahannya please..saya mau cat mobil...awam tapi pengen bisa ...klo cat nc yg bagus/biasa di pakai & senyawa sama clear pu blinken , merk apa buat mobil???& sya terlanjur bli clear blinken ms2500...jadi tanya dlu sama agan,,,,,juga minta takaran perbandingan campurannya. cat+thiner ,epoxy+thinr+hrdnr, sama clear+thnr+hdnrnya .... gan...mohon pencerahannya..maklum newbie

    ReplyDelete
  53. agan ganteeng,minta pencerahannya please..saya mau cat mobil...awam tapi pengen bisa ...klo cat nc yg bagus/biasa di pakai & senyawa sama clear pu blinken , merk apa buat mobil???& sya terlanjur bli clear blinken ms2500...jadi tanya dlu sama agan,,,,,juga minta takaran perbandingan campurannya. cat+thiner ,epoxy+thinr+hrdnr, sama clear+thnr+hdnrnya .... gan...mohon pencerahannya..maklum newbie

    ReplyDelete
  54. Kalo saya mau paket clear Alice hecker, baiknya memakai cat yang merek apa gan?? Semisal saya mau cat warna hitam .. mohon bantuannya, terima kasih

    ReplyDelete
  55. Kalo saya mau paket clear spice hecker, baiknya memakai cat yang merek apa gan?? Semisal saya mau cat warna hitam .. ini saya mau tak kasih sama Vespa saya bang mohon bantuannya, terima kasih

    ReplyDelete
  56. Kalo saya mau paket clear spice hecker, baiknya memakai cat yang merek apa gan?? Semisal saya mau cat warna hitam .. ini saya mau tak kasih sama Vespa saya bang mohon bantuannya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan pake cat jenis NC atau PU sob... Untuk lebih mudahnya bisa langsung aja datang ke toko cat mobil ya .

      Delete
  57. Bingung mau ngecat sendiri takut gak sip. Di airbrush painting full body motor kena 1,5. Mahal gak sih mas?

    ReplyDelete
  58. Jasa airbrush painting buat full body motor kena 1,5. Mahala gak nih mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih terbilang standart sob, gak murah juga gak kemahalan. Tetapi, sedikit saran ane... Kenali dulu karya2 bengkel tersebut, lihat cara kerja dan teliti hasil akhirnya seblum menyerahkan kendaraan anta ke bengkel tersebut.

      Delete
  59. Assalamualaikum gan. Mau tanya kalo untuk cat dasar tangki bensin supaya ga bocor pake apa yaa, maaf saya masih awam soal cat, baru buka bengkel cat, di tunggu komenya ya gan. Makasih, ass...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini ane masih rancu dengan pertanyaannya... Kalo yg dimaksud catnya, pastinya cat gak bisa menahan dr daya korosif bensin, tapi lebih baik kalo dr tangkinya sendiri tidak bocor.

      Delete
  60. Punten bro tumpang tanya nih ...

    Gw baru beli cbr250 cuma sayangnya ga ada yg warnanya itam mengkilap, punya planing mau dicat sendiri nih fullbody warna item kilap (udah beli juga multipro 99 electric), kendalanya masih ragu step awal yg bener kaya gmn n kalo ke bengkel cat sepengalaman gw yg cakep mahal diangka 3jt ke atas ... boleh share sebaiknya pake urutan kerjanya gmn ... ya termasuk merk, ratio ama perintilan lainnya ... ato kalo boleh minta no wa deh biar bisa komunikasi langsung hehehe

    Makasi sebelumnya untuk blog yang bermanfaat ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita udah kontek kontek pake WA kan ya... Hehe...

      Delete
  61. terimakasih infonya gan sangat membantu, cek juga http://www.ahlibeton.co.id/2015/09/floor-hardener.html untuk pembuatan floorhardener

    ReplyDelete
  62. mantaab infonya gan...kunjungi juga http://www.ahlibeton.co.id/2015/09/floor-hardener.html untuk pembuatan floor hardener

    ReplyDelete
  63. Gan, mau tanya, bahan cat/thinner yang cepat kering apa ya ? Saat ini saya sering ngecat kayu-kayu kecil (untuk dekorasi atau sejenisnya) menggunakan pylox, karena cepat kering. Kalau menggunakan cat spray biasa, lama sekali keringnya, sehingga sering terkena debu/kotoran, dan menyulitkan kalau harus cat sisi bolak-balik (nunggu keringnya lama sekali)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk cepat kering tentunya pylox cepet kering karena berjenis aerosol dan tentu memang di set untuk cepet kering. Tapi soal kualitas beda sob... Mau cepet kering dengan spraygun, gunakan aja thiner Aspecial paling murah/ecer literan yg kandungan airnya banyak.untuk tingkat gloosy jangan terlalu berharap banyak.

      Delete
  64. Mau tanya masbroh, kalo finising Dof pake clear jenis apa yak? cz kalo cuma pake cat dof aja ga bertahan lama Dofnya trims 😆😆

    ReplyDelete
  65. Sob, kalo pernis kan takarannya 4:1:3 saya pake nippon high gloss. Yang mau saya tanya, setelan angin agak di besarin atau pernisnya agak di borosin soalnya pas saya pake kok agak bintik bintik ya kurang halus gitu sob..mohon pencerahannya sob..

    ReplyDelete
  66. Sob, kalo pernis kan takarannya 4:1:3 saya pake nippon high gloss. Yang mau saya tanya, setelan angin agak di besarin atau pernisnya agak di borosin soalnya pas saya pake kok agak bintik bintik ya kurang halus gitu sob..mohon pencerahannya sob..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelan angin aja, tapi untuk kasus sobat Cahyo, bisa juga dr spraygun yg kurang bersih atau thiner yg kurang cocok dengan pernisnya.

      Delete
  67. Artikel dan blog yang sangat menarik & bermanfaat. thx informasinya ya om....

    ReplyDelete
  68. Maaf gan mau tanya, ,? Saya baru belajar ...saya beli efoxy tapi ko kental banget ya gak encer ? Itu gimana ya , apa saya salah beli ? Dan itu kalah di peke spray buat perekat bisa gak ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Epoxy memang kental sob... Untuk ngencerinnya harus pake thiner.. Untuk perekat apaan dulu nih?

      Delete
  69. Gan saya mau tanya ?
    1. Saya beli epoxy tapi ko kentel banget ya ? Di tambahin thinner juga susah encer ?
    2. Itu kalau di encerin dan di pake buat perekat catnya ntar nglotok gak ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa jenis Bodi plastik dengan tekstur kulit jeruk sebaiknya menggunakan PP primer plastic dulu sebelum epoxy

      Delete
    2. gan mau tanya..
      Kalau hasil produk merintis dan kelihat seperti kulit jeruk itu kenapa ya ?

      Delete
  70. Boleh nanya dikit mas bro..saya blajar cat kemaren tapi belum di finishing.saya ragu soalnya takut gagal ..pertanyaanya ..gini.clear yg bagus apa mereknya kalau bisa yg ada anti goresnya..maksudnya sekali finish ya ga ngulangi lagi..makasih kalau mau bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg bagus tentu dengan harga yg relatif mahal sob... Dengan rasio pernis yg tidak terlalu banyak dibanding hardnernya, bisa dicoba untuk pernis dengan perbandingan 2:1 atau 1:1 untuk merk dan harga bisa langsung ke toko cat aja, lebih afdol.

      Delete
  71. Om kalo mau cat Mobil doff yang bagus merk apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu cari cat jenis doff, tetapi untuk cat yg bagus tentunya yg berjenis PU ya... Cari aja yg glossy, dan pemakaian pernis jenis doff sangat direkomendasikan.

      Delete
  72. Assalamualaikum gan Muhammad Falaq,,
    Ane ricky gan, mau sedikit sharing ni soal teknis dan jurus cat yang baik. Kebetulan ane lagi ada kasus. Mohon penjelasannya gan Muhammad Falaq.
    "Produk yang ane gunakan bahan Abs, hasil spray ane":
    1. Merintis, jika tekanan angin terlalu besar.
    2. Terlihat jeruk, jika tekanan angin ane turunin lebih kecil supaya merintisnya hilang.
    oiya untuk cat yg ane gunakan jenis PU (sensor ya gan), dan thinnernya MCI (Kalau thiner mungkin semua jg sama yang cepat kering. Dan satu lagi, saya udah viscositas dari 7,5 - 8,8 detik.
    Dari 2 kasus diatas, bisa bantu penjelasannya gan ?
    Untuk setting ideal bagaimana, dan kalau memang dari agan ada masukan tentang mixingnya bisa dibantu jg gan.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk merintisnya, kemungkinan ada beberapa faktor, tangki yang kelebihan air dan air masuk menuju spraygun. Kuras tangki sebelum pemakaian dan pasang filter air di kompresor serta spraygun sobat ricky. Viscositas udah tepat, hanya untuk thinernya ane baru denger nih jenis MCI, karena ane cuma pake 2 jenis thiner, NC dan PU. semoga membantu.

      Delete
  73. Siang gan,
    Ane Agus..
    Minta bantu penjelasan dari kasus ane gan !!
    Pertama untuk detail produk yang ane spray dari bahan ABS.
    Untuk permasalahn saat ini:
    1. Bahan terlihat merintis setelah dispray dengan setting angin yang sedikit lebih besar.
    2. Jika settingan angin ane turunin sedikit, bahan terlihat seperti kulit jeruk setelah dispray.
    Untuk mixing cat ane gunakan 1:1 dengan viscositas 8.8.
    Minta penjelasannya gan..
    Terima kasih

    ReplyDelete
  74. Mau nanya nih Gan.. gimana caranya ngecat plastik PP pada motor agar tdk terkupas karena sy pemula dan sy sdh 3 kali pdhal sdh diamplas terus sy pakai efoxy sbg dasar merk aclose super jenis NC,lalu sy lapis dg Danagloss NC jg sbg primer tapi terkupas seperti kertas..mohon review nya..trm kasih sblmnya...

    ReplyDelete
  75. Mau nanya nih Gan.. gimana caranya ngecat plastik PP pada motor agar tdk terkupas karena sy pemula dan sy sdh 3 kali pdhal sdh diamplas terus sy pakai efoxy sbg dasar merk aclose super jenis NC,lalu sy lapis dg Danagloss NC jg sbg primer tapi terkupas seperti kertas..mohon review nya..trm kasih sblmnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sobat jee bisa coba cara ini, amplas kemudian lapisin dengan pernis jenis NC, tunggu kering kemudian lanjut kepengecatan.

      Delete
  76. Mas saya kan pake cat nc ya.apa boleh ngencerinnya pake tinner pu?

    ReplyDelete
  77. Mau tanya apakah Cat PU itu hanya clear saja ?
    Kalo mau cat pagar supaya nggak gampang pudar dan tahan benturan atau gesekan sebaiknya pakai apa ?

    ReplyDelete
  78. Bisa nggak kalo cat warnanya menggunakan cat NC sedangkan untuk clear coatnya pakai cat PU ?

    ReplyDelete
  79. mau nanya sob..kalo ngecat motor ni..pake epoxy spray can,cat pake pylox..terus clear konvensional pake spies hecker dkk..pengaruh gak di cat dasar nya ,apa ada kendala nanti nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa merk spray can punya tekstur cat yg lumayan tipis dan kurang tahan terhadap reaksi panas clear PU, kemungkinan kendala ada di cracking sob.

      Delete
  80. Met pagi gan.
    Gokil nih artikel & sharing nya top banget..hehehe
    Oiya gan, saya kan baru mau mulai belajar nge-cat mobil, kira2 apa saja yg di butuh kan? Tolong penjelasannya dong gan u/ cat, dempul, clear coat, dll yg compatible 1 dengan yg lain. Soal nya saya takut salah beli, misalnya saya beli cat yg harga 300-400rb, tp ternyata ngga compatible sama clear coat/thiner yg harga murah. Tolong di bantu ya gan..thank you

    ReplyDelete
  81. Sobat bisa cari yg jenis NC ataupun PU, dua jenis itu bisa diaplikasikan secara tumpang tindih atau berurutan.

    ReplyDelete
  82. met malam gan.
    bisa kah cat samurai di timpa clear nc..?
    terima kasih.

    ReplyDelete
  83. met malam gan.
    bisakah cat samurai di timpa clear nc..?
    trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud nya,.cat kita pakai pilox samurai,.
      Trus clear kita pakai blinken,,apakah aman dari resiko kerut..?
      Trma ksh..

      Delete
    2. Resiko kerut atau cracking itu karena salah prosedur dan semata hanya human error, ane kira aman kok...

      Delete
  84. Malam gan, mau tanya.
    Saya mau coating lapisan pylox agar tahan gores. APa bisa menggunakan coating PU? dan cocoknya tipe apa yah..makasih gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you gan. Kmrn saya coba pakai coat PU tpi malah kemakan hasil coating pylox..apa ada merek tertentu yg "galak"?

      Delete
    2. Biasanya sih kalau Pernish PU ketemu sama thinner NC yang galak, dia naik..

      Delete
  85. Om....rencana saya mau cat ranga motor
    Untuk tahap awal itu langsung pake epoxy apa pake primer metal dlu??
    Bila pke primer metal,yg hrg sedang n kualitas bagus merk apa??

    ReplyDelete
  86. SAYA MAU BELI.SPIES HECKER YG BUNGLON .1 KILO HARGA BERAPA DAN KALO.BELI SETENGAH KILO BERAPA.DIMANA SAYA BISA BELI....BUNGLONG YG BASIC NYA PUTIH

    ReplyDelete
  87. DIMNA SAYA BISA BELI.CAT BUNGLON.YG BASICNYA PUTIH

    ReplyDelete
  88. DI MNA SAYA BISA BELI CAT BUNGLON YG BASICNYA PUTIH

    ReplyDelete
  89. DI MNA SAYA BISA BELI CAT BUNGLON YG BASICNYA PUTIH

    ReplyDelete
  90. Tanya suhu, klo cat jenis NC dikasi thinner jenis PU apa bisa gan?? Atau sebaliknya?? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  91. Mantap ulasannya lur. Pengetahuannya jadi tambah dalam dunia pengecattan. Sukses selalu lur.

    ReplyDelete
  92. pagi om, boleh nanya nih kebetulan lagi belajar ngecat.
    Saya ngecat pelek pake cat yang menggunakan tiner B, trus saya klir pake klir yang dicampur tiner PU.
    Hasilnya cat mengkerut, permasalahan nya dimana ya om?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Permasalahan ada dipenggunaan thiner B, mungkin cat bisa larut, namun ga bisa kering sempurna untuk menahan panasnya reaksi pernis : thiner PU. mungkin, kedepan bisa pake thiner Aspecial atau sekalian pake thiner PU sedari awal kerja sob.

      Delete
  93. Bang ada no wa gak...buatin grub clas airbrus onlin lah....😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan share no. WA ente disini, nanti saya masukin grub..

      Delete
  94. saya tertarik airbrush (duco) tapikebetulan media yang mau saya cat adalah kertas plastik. seperti wallpaper. atau media spanduk. yang sifatnya lentur, tidak kaku hasilnya. cocoknya jenis cat apa ya ?? ☺🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sobat wanda bisa coba pakai cat tekstil jenis akrilik, tahan air dan tentunya lebih ulet dimedia yg sobat pakai.

      Delete
  95. Mantep nih yg punya blog respon trus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih om... Salam kenal dan terima kasih sudah berkunjung..

      Delete
  96. Bang saya mau cat body motor saya mohon pencerahannya untuk merk dari epoxy sampai akhir supaya hasilnya memuaskan soalnya banyak merk yang dipasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya untuk capaian memuaskan, punya nilai relatifitas yang tiap painter/bruhser berbeda-beda sob. Namun, menurut ane pribadi makin banyak merk akan semakin baik untuk kita bisa eksplorasi tentang kebandelan dari bahan itu sendiri. Jika kadar memuaskan itu adalah hasil yang maksimal, tentunya penggunaan bahan dengan tingkal level tinggi/mahal adalah jawabannya, namun itu juga terpengaruh dengan tingkat/level jam terbang painternya sendiri. Jadi saran saya, sobat bisa tetap memakai bahan kelas menengah seperti danagloss dll atau memakai bahan kelas wahid seperti Sikken dkk nya.

      Delete
  97. Mau tanya gan, tentang terminologi cat PU(polyurethane), kok pada label kaleng catnya ada yang tulisannya MS, HS, GP, SP, itu maksudnya apa ya? Trus bedanya apa aja? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur ane pribadi belom pernah ketemu cat PU dengan label Gp atau Sp seperti yang sobat maksudkan, namun untuk Ms(medium solid) dan Hs(high solid) yang berbeda dari tingkat kekerasan pada hasil masing-masing type cat PU tersebut, namun pada umumnya, cat PU tentunya hasil terbaik memang menggunakan oven sebagai mediator penggeringannya. Atau mungkin jika kita lebih tertuju pada tingkat kekerasan dr cat PU itu sendiri, sobat bisa coba cat PU 2k(2 komponen) yang pada paketnya memang diberikan hardner sebagai pelengkap dalam pengaplikasiannya.

      Delete

Jika menurut sobat artikel di blog ini bermanfaat, silahkan berkomentar untuk perbaikan blog kedepan, terima kasih sobat jee...