Saturday, April 6, 2013

Tutorial membuat stencil (cetakan atau mal)




Assalamu'alaikum sobat Jee, balik lagi sama ane, di blog ecek-ecek ini, yang kata tetangga blogger sebelah blognya produk gagal, wkwkwk....  Terima kasih buat pujiannya, hehe....  Oke, kali ini ane mau sharing gimana sih bikin stencil ( ini bukan toko peralatan kantor atau sekolah lho, stencil yang di maksud dalam istilah ini adalah sebuah cetakan atau mal-malan kalo kata orang, yang biasa di gunakan di dunia per airbrushan).  Lanjut sob, di tutorial ini diperlukan beberapa tools, di antaranya :



Penggaris, pisau cutting, gunting, jangka (optional tools), kertas karton bekas, pensil, penghapus dan yang terakhir adalah niat yang kuat !! .  Guna dari stencil sendiri adalah untuk mempermudah kita saat mengerjakan sebuah airbush yang membutuhkan detail yang berulang-ulang, atau di butuhkan ketika kita akan membuat gambar yang simetris satu sama lain, contoh airbrush pada body kanan dan kiri motor, maka untuk mencapai kepresisiannya kita buatkan stencil ini.  Media dari stencil sendiri sangat beragam, mulai dari yang ada di sekitar kita, sampai media yang harus di beli di toko, seperti plastik mika contohnya ( lihat Gb.5.) 

Pada postingan ini, ane mau buat stencil untuk sebuah helm, yang memang gambar dari helm tersebut simetris di sisi kanan dan kirinya.
  Baik, langsung kita mulai saja, karena yang akan di airbush adalah helm, dengan bentuk yang hampir membulat maka kita perlukan masking tape, untuk lebih dapat mengetahui presisi serta besar kecilnya stencil yang akan kita buat, berbeda dengan body motor, kita hanya perlu mengukur kebutuhan luas gambar, untuk kemudian bisa lansung kita buatkan stencil dengan luas ukuran yang telah di tentukan.  Langkah pertama, tentukan lokasi gambar yang akan dibuatkan stencil.  Jika sudah, tempeli lokasi tersebut dengan isolasi masking tape, untuk kemudian buat lah skets dasar dengan pensil, sesuai dengan gambar yang ingin dibuat

( disini ane akan buat skets dengan gambar kangguru bercorak suku aborigin, official mascot dari mantan pembalap motoGp, Stoner 27 ).  Jika skets sudah sesuai dengan letak dan ukurannya, lepaskan masking tape tersebut dan


kemudian tempelkan lagi pada kertas karton bekas yang telah disiapkan, lalu beri gambar pada stencil tersebut dengan detail yang kita ingini.  Seperti stencil ane sob, sengaja tidak ane selesaikan semua detail gambarnya untuk meringkas waktu, selesai semua detail, stencil siap kita cutting sesuai gambar pola yang kita buat,

 ini salah satu contoh stencil yang telah ane buat, stencil dari bendera australia yang ada di helm Stoner27.


Gimana, gampang kan sobat Jee....  pastinya donk, untuk hasilnya tunggu ya, nanti akan ane buatin posting khusus untuk helm tersebut, syukron sobat Jee, salam FaneeArbrash.  Saran, kritik dan pertanyaan selalu ane nantikan,  Assalamu'alaikum...  

26 comments:

  1. beli pisau cutting satu set kaya punya ente dimana om? trims infonya

    ReplyDelete
  2. Makasih atas tips nya sob . ooo ya . ane mau nanya nih . gini kronologis nya gan . wsktu itu ane ngecet mtr . ane udah ikutin alur pengecayan nya sesuai prosedur . Mulai dari poxy sampe clear . pas ane ngeciear tahap ke dua . cat nya malah ke angkat smua sampe dasar . kayak retak2 gitu . gimana tuh gan? Makasih sblum nya gan . heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak kemungkinan sob, mulai dr thiner yg kalah keras dr thiner buat pernis. Cat kurang rigid, jd kurang mampu nahan reaksi kimiawi dr pernis dan hardener...

      Delete
  3. Replies
    1. Oke... ditunggu aja sobat ari, terima kasih atas kunjungannya...

      Delete
  4. thank sob atas tips nya? oh ya sob ane jg rencana mau mulai airbrusher ne...ane pngen tau dl permulaan nya gmn? ane kan biasa bikin tatto sob..trus ane terttarik ne mau nyoba ke dunia air brush..trus ane bingung ne soal adonan or campuran2 bahan yg pas biar hasil nya jg memuaskan. ane blm ngrti bnget soal racikan nya sob...mnta bocoran nya lah sob?hehehe

    ReplyDelete
  5. Asskum..... mas bli posau cuttingnya dmn ya....???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam... biasanya ditoko tehnik ada, nitip ke ane juga bisa...

      Delete
  6. Kanggurunya detil sekali bagus gan. lanjutkan.

    ReplyDelete
  7. Masking tape nya belinya di toko peralatan sekolah apa di toko2 bangunan bro ? Maaf pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peralatan sekolah ada sob, toko foto copy ada juga.

      Delete
  8. Enter your comment...thx gan jadi tambah kan tuh ilmu ane

    ReplyDelete
  9. Enter your comment...ilmu yang bermanfaat

    ReplyDelete
  10. Enter your comment...ilmu yang bermanfaat

    ReplyDelete
  11. assalamualaikum om, kalo plastik bening itu plastik apa ya namanya.. kalo mindahin cuttingan dr kaca ke helm susah kalo ga pake plastik putih itu

    ReplyDelete
  12. Thiner yg bagus dari awal sampai pernis bagusnya pake merk apa ya mas..
    Terima kasihh blog ini sangan membantu bnget.

    ReplyDelete
  13. Pengn blajar secara langsung dmana lokasi ente gan

    ReplyDelete
  14. Bos kalau ngebrush tangki motor biar gambar n letaknya sama antar sisi, gimana cara ngemalnta y

    ReplyDelete
  15. itu nanti ditempelkanya pake apa bang?

    ReplyDelete

Jika menurut sobat artikel di blog ini bermanfaat, silahkan berkomentar untuk perbaikan blog kedepan, terima kasih sobat jee...