Thursday, May 30, 2013

Trik menakar perbandingan cat dan thinner (bagian 2)


Assalamu'alaikum sobat jee dimanapun berada, melaporkan langsung dari tempat kerja ane, hehe.... (waduh , korupsi waktu nih).  Menyambung artikel ane yang lalu (KLIK DISINI) , akan sedikit ane share tentang takaran perbandingan komposisi cat dan thinner, pernis dan thinner, dan lain-lain.

Banyak sobat jee yang ternyata masih bingung tentang perbandingan antara cat dan thinner (wajar, ane dulu juga gitu sob), yang sebenarnya sudah di informasikan di tiap kaleng cat atau pernis itu sendiri, sobat semua pasti tahu dong, nah kebingungan yang ane maksud adalah "maksud dari 4:1 itu gimana cara takarnya?", untuk kebingungan itu artikel ini dibuat, jadi pantengin terus ya...
Pada artikel yang lalu telah ane bahas bahwa ane menggunakan metode takar dengan sendok makan dan sendok teh (jangan diketawain ya, ini metode kepepet!! hehe...), jadi akan lebih mudah bagi ane untuk membaca dan menakar sebuah perbandingan yang disarankan oleh produsen cat/pernish yang tertera di tiap kalengnya.
Sebelumnya akan ane ketik dulu berapa perbandingan yang biasa ane pakai saat ngecat atau airbrush.
EPOXY : HARDENER : THINNER = 4 : 1 : 4
CAT : THINNER = 1 : 1 atau 1 : 2 (catatan : pelajari viscositas dan tipe cat dari tiap-tiap merk)
PERNISH : HARDENER : THINNER = 4 : 1 : 2  perhatikan juga  kekentalan/keenceran dari tiap-tiap merk pernish.
Nah, diatas adalah perbandingan yang biasa ane pakai sob, dari semua data di atas, kekentalan cat atau keenceran sebuah pernish bisa mempengaruhi perbandingan dengan takaran thinner, bisa dilebihi atau bisa juga dikurangi, tergantung kondisi dan kebutuhan sobat saat mengecat.  Dengan komposisi di atas, jika dikonversikan dengan menggunakan metode takar ane, berarti secara praktek akan seperti ini : Jika sebuah perbandingan pernis : hardener : thinner adalah 4:1:4, berarti untuk takarannnya adalah 4 sendok pernish : 1 sendok hardener dan 4 sendok thinner, gampang kan sobat jee...?! Nah, semoga tidak ada kebingungan-kebingungan, tetap semangat dan salam FaNee Arbrash, Merdekaa!!!
NB: Gunakan 2 sendok atau lebih, untuk 2 atau 3 macam komponen.

132 comments:

  1. thanks bro...udah nambah referensi bagi sy boleh tau alamat facebook nya mas ngga???

    ReplyDelete
  2. thanks untuk sobat Labaxo, untuk alamt FB bisa masuk/gabung aja di grup BELAJAR AIRBRUSH DAN PENGECATAN,ane biasa nongkrong disana sama temen2 seperjuangan, terima kasih udah mampir ya...

    ReplyDelete
  3. good good good langsung praktek , thanks

    ReplyDelete
  4. thanks mas... ane jadi gak bingung lagi nih... berapa perbandinganya....

    ReplyDelete
  5. Jadi amal ibadah.
    Makasih, terus update

    ReplyDelete
  6. mas saya mw nanyak ne,,,,
    pada waktu saya melakukan finishang lapisan yg kedua. tiba" cat nya pada retak retak,,,, padhal pada lapisan yg pertama hasil ny bagus,
    apakah ada masalah dalam pencampuran clear coat : Hardener : dan Thinner nya,,, tlong dblas ya mas ke email ecko89gbr@gmail.com
    sekalian mas klo boleh saya mnta no HP mas, bwt bertanya tentang airbrush,,, maklum saya masih pemulah,,,,, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan bukan masalah komposisi pernisnya, mungkin area retak2 dihasilkan dari pernis yg lansung tebal pengapilkasiaannya... Cp 083830242625

      Delete
  7. Cat hijau pa yh yg bgus buat ngecet motorq....

    ReplyDelete
  8. bos tadi katanya vernis pu lebih keras dan tahan panas ? ini aku pakai pu merk xxxlux ada pakai hardener kecil kayak epoxi tapi kena bensin kok luntur ya bos? tiner pakai a spesial

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara umum bila dibandingan dengan pernis NC sob.... Sedang untuk kualitas secara khusus bila dibanding sesama pernis PU, beberapa merk yg tingkat low grade (murah meriah) kurang kuat menahan daya korosi bensin dll.

      Delete
  9. Bro klo vernisb merk blinkken bagus apa tidak.karena boleh minta sm tmn hehehe

    ReplyDelete
  10. Bro mw tanya klo vernish merk blinken bagus atau tidak.karena boleh dapet minta sm temen hehehe

    ReplyDelete
  11. Bagus untuk yang grade menegah ke atas, yg grad paling bawah (murah) lumayan mengecewakan...

    ReplyDelete
  12. kl untuk mengecat bahan plat yg terbuat dari aluminium, agar tidak mudah terkelupas. apakah sebelum platnya di cat, cukup di kasih epoxy+hardener kah? atau cukup di clear setelah di cat? karena plat aluminium yg saya cat mudah terkelupas.
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya di amplas dulu, kemudian di kasih epoxy, insya Allah gak gampang ngelupas.

      Delete
  13. Kalau thiner ND kaleng merah itu buat cat NC bai nga,,,

    ReplyDelete
  14. Saya mau melapisi bagian dalam tangki motor win 100 sy,
    Bagaimana untuk perbandingan takarannya gan?
    Apakah sama dengan yang dijelaskan seperti diatas

    ReplyDelete
  15. Thnk gan sangat membantu.group di fb ane cari ko ng ketemu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu setingan grup rahasia sob, jadi kalo gak ada yg masukin susah...

      Delete
  16. wahhh terimakasihh...ini sangat membantu saya dalam proses pengecatan biola saya.hehehhe tanx bgt gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama sobat Ixan, terima kasih balik udah berkunjung di blog ecek ecek ini...

      Delete
  17. Mao tanya,, clo vernish merk bellanova perbandingannya berapa ya bang ? Soalnya beli vernish bellanova 1 liter hardenernya cuma 250 ml,, 4:1 apah 2:1

    ReplyDelete
  18. Ass.. Bang clo pernish bellanova perbandingannya berapa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam sobat Hasbi, yups sudah bener 4:1, untuk yg 2:1 kalo hardner dpt 50% dr total pernis itu sendiri. Selamat bekerja dan terima kasih udah jadi pembaca blog ini.

      Delete
  19. Mas sy kan habis beli epoxy nippon paint tp hardenernya tumpah. Dimana belinya ya mas hardenernya saja soalnya dimakassar sepaket. Apa bisa pakai hardener yg di jual di toko kimia ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo emang jual dan khusus buat epoxy, oke tuh.

      Delete
    2. Ma'af mau tanya..
      Epoxy aq pake thiner a biasa.
      Cat dasar & cat finishing pake thiner pu.
      Trus untuk pernish aq pake blinken 4100 + thiner blinken bc 30.
      Yg aq tanyakan apakah hasilnya bagus apa gak?
      Karna perbedaan thiner tadi.
      Maklum saya pemula & pengen belajar dari masternya.
      Mohon pencerahan master.

      Delete
    3. Maaf juga baru bisa bales komen. Bagus kok.... selama berhati-hati dalam aplikasi clearcoatnya. Selamat berkarya.

      Delete
  20. Om kalo hasil dari epoxy itu emng kasar ya ?? Pedahal saya udh ampelas permukaan smpe mulus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasil epoxy kasar bisa jd karena kurangnya tekanan angin pada spraygun, karena seharusnya halus seperti halnya saat kita ngecat atau ngeclearcoat.

      Delete
  21. Asalamu alaaikum mas mau tanya sy punya motor metik sya ksi cat merk suzusuka knapa cepat terkekelupas ya mas mhon infonx mas cat yg cocok mrek apa y mas mksih sblumx mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam... sobat zainal belom menuliskan bagian mana yg terkelupas, bidang dengan bahan apa? Apa mungkin yg bagian kulit jeruk? Semua merk cat selagi punya keawetan yg standart, bagus untuk diaplikasikan. Ada penta, nippe, top color dll. Perhatikan dengan baik tahapan kerjannya.

      Delete
  22. Mas mau tanya,saya ngeclear hasilnya kok ada bintik2/bukan kulit jeruk.jd semacam kayak jerawat,tp kecil2.itu knp ya??saya pake clear sikken exxel.trimkasih sbelumya...

    ReplyDelete
  23. Mas mau tanya,saya ngeclear hasilnya kok ada bintik2/bukan kulit jeruk.jd semacam kayak jerawat,tp kecil2.itu knp ya??saya pake clear sikken exxel.trimkasih sbelumya...

    ReplyDelete
  24. Menurut pengalaman ane, bisa jadi karena beberapa faktor. 1. Kandungan air dalam udara saat proses atomisasi, berlebihan.
    2. Thiner kurang cocok dengan reaksi Clear sikkennya.
    3. Jarak spraygun yang terlalu deket saat proses clearcoating.
    Dari ketiga faktor yg ane sebutin, silahkan sobat Rona analisa lagi. Terima kasih udah berkunjung.

    ReplyDelete
  25. Pagi gun,
    Kalau cara ngecat Alumunium Composite gimana gan? bahan apa aja yang diperlukan?

    terima kasih

    http://www.nusantaracleaning.com

    ReplyDelete
  26. mas kalo clear coat gak pake hardener, gimana awet gak..? maklum pemula.. 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinya gak akan jafi keras, kecuali emang sengaja memakai clearcoatjenis NC yg memang tanpa hardner atau istilahnya 1 komponen.

      Delete
  27. Malam gan, gan mau tanya dong merk cat yang bagus apa ya...

    Cat yang cocok dengan Thinner PU Extra Slow dan Thinner yang cocok untuk Clear Coat Blinken MS 2500...

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thiner PU merupakan jenis yang bisa dibilang mempunyai grade level yang mumpuni, dia bisa diterima oleh semua jenis cat yg menggunakan thiner. Saran ane pake cat jenis NC atau PU bisa. untuk clearcoat blinken bisa memakai thiner blinken juga, blinken bc 30 misalnya.

      Delete
  28. Tanya bro. Kalau primer,epoxy,base coat pake merk spies hecker trus clear coatnya pake dupont apa hasilnya maksimal? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. aman sob... maksimal juga, tp penggunaan spies bisa di pikir2 ulang..

      Delete
  29. Maaf, apa krg bagus pake spies secara aplikasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf juga sob, bukan kurang bagus secara kualitas hanya sayang aja, bahan yg bagus sekali, di buat untuk lapisan dasar atau tengah. Mending cari opsi bahan lain, dan untuk lapisan atas atau topcoat, bisa pake spies atau dupont.

      Delete
  30. Bahan dasar cuma itu opsinya bro.. clear ada 2 opsi SH permafast turbo 8012 dan Dupont 696s, secara datasheet 8012 cm bagus utk spot/panel

    ReplyDelete
  31. Mas falaq. Kalau untuk teknik pencampuran epoxy merk nippon kan 4:1 saya membandingkannya pakai bekas aqua gelas yg di potong sama tp saya bingung untuk pengaplikasian tinnernya. Bagaimana ya cara ukur tinnernya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. thiner sesuaikan kebutuhan, thiner sebagai reducer/pengencer saja, jadi kalo kata material kita udah terbilang encer banget, sebaiknya ditambahkan sedikit thiner atau secukupnya aja.

      Delete
  32. saya mau menambah lapisan clear coat kembali motor saya ,tapi saya bingung.
    Gimana caranya?
    Apa tinggal semprot aja, tanpa mengamplas bodi motor lagi , apa harus diamplas dulu, baru bisa disemprotkan ke bodi motornya? Tolong penjelasannya ya ?makasih

    ReplyDelete
  33. saya mau menambah lapisan clear coat kembali motor saya ,tapi saya bingung.
    Gimana caranya?
    Apa tinggal semprot aja, tanpa mengamplas bodi motor lagi , apa harus diamplas dulu, baru bisa disemprotkan ke bodi motornya? Tolong penjelasannya ya ?makasih

    ReplyDelete
  34. saya mau menambah lapisan clear coat kembali motor saya ,tapi saya bingung.
    Gimana caranya?
    Apa tinggal semprot aja, tanpa mengamplas bodi motor lagi , apa harus diamplas dulu, baru bisa disemprotkan ke bodi motornya? Tolong penjelasannya ya ?makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk menambah lapisan clearcoat, ada baiknya diamplas dulu dengan menggunakan amplas no.1200, tetapi penambahan seperti ini mempunyai resiko CRACKING, jadi saat eksekusi sebaiknya clearcoat yang baru jangan langsung dibikin tebal dan basah. Sebaiknya di lapisi tipis2 dulu sambil dilihat secara teliti bagian2 man yg mungkin beresiko terjadi CRACKING. Semoga sedikit membantu.

      Delete
  35. Salam kenal Mas...
    Mau nanya masih masalah perbandingan...
    Di produk epoxy nippe 2000 terdapat 2 komponen, Epoxy 1 Liter dan hardener 200 ml dan menurut petunjuk pemakaian 4:1.
    Kalau di lihat, 1000 ml (1 L): 200 ml berarti 5:1
    Kalau kita ikuti 4:1, nanti hardenernya akan kurang....
    Kalau kita ikuti 5:1, tidak sesuai dengan aturan, tapi akan sesuai dengan banyak kemasannya, bukannya satu paket terdapat 2 komponen sudah di set dari pabriknya bahwa 1 kaleng epoxy pas dengan 1 kaleng hardenernya.
    Nah, kita ikuti yang mana, 4:1 atau 5:1
    Mohon petunjuknya....makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal balik sobat Agus... pertanyaan yang bagus sekali, sebelumnya ane ucapin salam hari Pahlawan. Sobat Agus bisa pake perbandingan 4:1 aja, kenapa?? Ya, karena berat isi hanya 800gram atau sekilo kurang 200 gram, nah.. jangan bingung ya... Berat kaleng bisa sobat Agus timbang juga, jadi secara total terhitung 1 kilo. Kalo kita paksakan dengan pengertian perkalengnya berat total 1 kilo, tar hardnernya kurangdong.

      Delete
    2. Makasih atas responnya....
      Tapi Mas, yg tertera di kalengnya bukan kg atau gram tapi Liter dan ml. Jadi Epoxy Berat bersih (Net)nya 1 Liter, berarti tanpa kaleng dan hardenernya berat bersih (Net) 200 ml.
      Nah disini yg saya jadi bingung, seharusnya kan kalau perbandingan 4:1 = 1000 ml:250 ml..?

      Delete
    3. Sobat Agus, yang ane tau... 1kg sama dengan 1 ltr coba deh di timbang lagi.

      Delete
  36. maksih gan buat infonya,,
    sangat membantu sekali,,
    salam sukses,,

    ReplyDelete
  37. Terima kasih juga buat sobat Jee semua...

    ReplyDelete
  38. Mas minta bantuanx.. yg z cat plastik keras..cat dasar pakai cat suzuka...trus cat warnax pake avian campur tinner...trus rencana finishingx pake melamine plus tinner tanpa herdener...gmana menurut mas..minta ba tuanx mas..pemula soalx..hehehe

    ReplyDelete
  39. Mas mau tanya.. sy punya bahan plastik yg keras..cat dasar pakai suzuka..trus z cat pake avian campur tinner..? Apakah itu baik mas..trus finishingx rencana pakai melamin campur tinner gk pake herdener..gmn menurut mas..butuh bantuanx mas soalx masih pemula..makasih

    ReplyDelete
  40. Mau tanya om,,kalo untuk cet sangkar burung bagusnya paje cat apa ya??yg harganya pas untuk kantog pelajar,,dan bahan2 nya apa sj??

    ReplyDelete
  41. Mau tanya,,kalo untuk ngecat sangkar burung,kompresor menggunakan kompresor untuk airbrush bisa gak ya??trs untuk cat yang baik pake cat apa om?yg hrganya standar,pas di kantong pelajar,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada merk nippe dan suzuka yg harganya masih tergolong terjangkau.

      Delete
  42. Om aku pemulo tolong dong di masukin di grup coating. Pengen belajar ngacat ama water coating. Makasih. "Fb dony sllu" trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  43. Om aku pemula tentang ngecat sama sekali masih awal. Aku pengen belajar tentang cat ama water printing, ato water caoting. Mohin saxa di masukkan di grup fb nya si om. #fb dony sllu makasih om falaq sebelumnya

    ReplyDelete
  44. Om aku pemulo tolong dong di masukin di grup coating. Pengen belajar ngacat ama water coating. Makasih. "Fb dony sllu" trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cari grup KAI (komunitas airbrush Indonesia) nanti coba ane bantu masukin.

      Delete
  45. Om mw tny dunk, sy lg proses ngcat kap mobil, dempul pakai san polac, cat dasar pakai isamu + thiner a special, koc hasilnya retak" ya?.
    Trs rencana cat pakai pentax+thinner nissan super gloss n terakhir vernis pakai Blinken doff matte +thinner bc 30, kira" bagus ga om?

    ReplyDelete
  46. Gan kalo nippe perbandingannya brp ya?

    ReplyDelete
  47. Gan kalo misalnya nippe perbandingannya brp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba 1:3/4 1 untuk cat dan 3/4 untuk thinernya.

      Delete
  48. Gan...kalau tiner menggunakan satu jenis tiner A. Untuk cat dan clear. Apakah bisa??

    ReplyDelete
  49. Tiner.pakai satu jenis untuk cat dan clear apa bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung jenis cat dan clearnya, kalo keduanya menggunakan jenis PU, tentu saja thiner jenis A gak bisa dipakai. Kalo cat dan clear jenis NC bisa pake Aspecial.

      Delete
  50. Cat dan tiner merk suzuka mas?
    Ow iya mas...satu lagi,kalau cat nya tipe nc. Kemudian kita clear dengan jenis pu. Apa bisa? Atau malah gagal?? Trimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa penyebab gagal memang ada, tapi banyak kok yg pake cat NC dipernis PU. aman selama prosedurnya bener.

      Delete
  51. coba kasih contoh keterangan kekentalan pada jenis-jenis cat

    ReplyDelete
  52. Takaran cat polyurethan yg bnr gmn gan..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan untuk cat jenis PU, punya viscositas yg lumayan encer, dengan daya tutup yg baik pula, tentunya tidak perlu terlalu banyak penambahan thinernya.bisa 1/4 dari total keseluruhan jumlah cat yg akan dipakai.

      Delete
    2. Kalau cat warna nya menggunakn jenis cat nc tapi clear coat nya menggunakan jeni pu hasil nya bisa bagus nggk mas

      Delete
    3. Assalamualaikum mas,
      Saya mau nanya kalau cat dasar ama car tengah nya jenis nc,trus di lapisi dengan clear coat pu hasil nya bisa bagus nggk ya makasih mas atas blog nya

      Delete
    4. Waalaikumsalam sobat Rachman... Tentu saja bisa... Yg gak bisa jika cat/pernis PU pake thiner NC atau selain jenis PU.

      Delete
  53. Nanya mas.. ,pernis,hardiner,tiner disemprotkan setelah pengecatan atau dicampur langsung dengan cat mas....?

    ReplyDelete
  54. Takaran vernis blinken gimana ya gan?

    ReplyDelete
  55. Takaran pernis blinken gimana ya gan..? Soal.nya saya pakai 4:1:3 hasil.nya keluar seperti rambut" halus dari spraygun nya ??? Tolong pencerahan untuk clear blinken

    ReplyDelete
  56. Takaran pernis blinken gimana ya gan..? Soal.nya saya pakai 4:1:3 hasil.nya keluar seperti rambut" halus dari spraygun nya ??? Tolong pencerahan untuk clear blinken

    ReplyDelete
  57. Takaran pernis blinken gimana ya gan..? Soal.nya saya pakai 4:1:3 hasil.nya keluar seperti rambut" halus dari spraygun nya ??? Tolong pencerahan untuk clear blinken

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kondisi seperti ini, biasanya ada beberapa faktor. 1.spraygun kurang bersih 2.thiner yg kurang rekomended 3. Rasio (thiner) kurang pas.

      Delete
  58. bro kalau cat ftalit bs untuk body motor ga bro? kalau bs clearnya pake merk apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane belom tau cat Ftalit sperti apa dan berjenis apa, jadi gak berani ngasih jawaban. Maaf sob...

      Delete
  59. Tinggal ditakar aja, pake sendok atau alat sejenis. Pernis 2 sendok vs hardner 1 sendok.

    ReplyDelete
  60. Cara mengoplos warna lukor untuk kayu gimana bang .... ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merah kuning dan biru, silahkan dimix denga perkiraan rasio perwarna bisa disesuaikan.

      Delete
  61. Pengecatan clear doff blinken. Agar hasil halus bagaimana?
    Salah di perbandingan atau memang karakter clearnya yg begitu
    Q pakai cler doff koq hasilnya kasar( kurang halus)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya karena faktor spraygun yang kurang lancar, untuk rasio thiner bisa gunakan 30-40% dari total pernis itu sendiri.

      Delete
  62. saya rencana mau cat body seperti tangki, rangka dll,
    tapi saya punya compressor mini apakah bisa?
    apa saja yang harus dibeli sebagai acuan merek yang recomended dari epoxy, cat, thiner, dan pernis ?
    mohon infonya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yg disebut mini itu mini sekali (buat airbrush) sepertinya gak bisa sob...

      Delete
  63. Makasih mas ats ilmu yg dibriknya semoga rejekinya ditambahkan berlimpah amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.... Terima kasih buat do'a baiknya sobat...

      Delete
  64. Mas boleh minta wa atau nomer yg bisa di hub ga? Mau nanya masalah cat saya kok keringnya lama yah apakah salah tehnik atau campuran yg kurang pas, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sob, kedepan akan ane maksimalkan fitur kolom komentar di blog ini, dan ane akan usahakan menjawab semua pertanyaan yg masuk. Jadi, pertanyaan bisa disampaikan melalui kolom komentar diblog ini, dan akan ane usahakan update dan menjawabnya. Sekian dan terima kasih.

      Delete
  65. Mas, saya kan pake clear blinken + thiner PU
    Saya pake perbandingan clear 250ml + hardener 250ml + thiner PU 500ml, tapi stelah beberapa hari ke tetesin bensin, warna nya ko pudar ? Kaya clear nya yang langsung ilang gitu, saya pake warna putih mutiara, pas udh ketetes bensin saya lap pake kain, langsung berbekas hitam

    Mohon pencerahan nya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane rasa untuk rasio thiner nya terlalu banyak. Coba dikurangin jadi 250 atau lebih sedikit dari itu.

      Delete
  66. Mas mau tanya saya pake clear Blinken perbandingan nya clear 250ml + hardener 250ml +thiner PU 500ml tapi ko ga tahan bensin ya ? Langsung berbekas hitam di warna putih mutiara
    Mohon pencerahannya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sob, rasio thinernya kebanyakan tuh... Harusnya maksimal 200ml atau kurang dr itu.

      Delete
  67. Mastah..mau tanya nih soal hardener yg sudah seperti agar agar apa masih bisa dipakai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga bisa sobat ku.... Udah masuk waktu basi itu..

      Delete
  68. Ko exopsy gx kering kering udah semalem itu kenapa ea

    ReplyDelete
  69. Kok exposy gx kering" ea ea udah semalam itu knapa ea

    ReplyDelete
  70. semoga bermanfaat blognya, lanjutkan memposting gan

    ReplyDelete
  71. Om kalo perbandingan clear, hardener, thinner. Bagusnya berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita lihat dulu anjuran di kaleng pernisnya sob, karena varian rasio itu ada beberapa, untuk pernis:hardner diantaranya 4:1, 2:1 dan 1:1,nah sobat jee beli pernis yg pake rasio mana nih? Untuk rasio thiner bisa mulai 3,2 atau 1 tergantung kekentalan dr produk pernis itu sendiri, karena berbagai merk dipasaran meski dengan pemakaian rasio yg sama, tetapi dengan kekentalan pernis yg berbeda.

      Delete

Jika menurut sobat artikel di blog ini bermanfaat, silahkan berkomentar untuk perbaikan blog kedepan, terima kasih sobat jee...