Assalamu'alaikum sobat Jee.... minggu yang indah ya, sekarang ane mau sedikit share bagaimana sih caranya mendempul body motor yang baik dan benar, pengen tahu.... ? Ok, lets Go.... !!
Pertama siapkan dulu sembakonya sob, dempul 2 komponen (dempul + hardener),
|
Lagi, ketemu 1 cacat lagi... |
body yang akan di tolet-tolet pake dempul,
kertas gosok no.600/800 dan yang terakhir adalah semangat yang membara...!!! Merdeka !!! Hihi.... Ambil pasta dempul secukupnya, ane pake dempul san polac sob, jadi pake hardener, (kalo mau pakai yang gak ada hardenernya bisa pakai merk isamu).
|
Mix yang ideal, warna kuning dempul tidak terlalu menyala atau tidak terlalu pudar |
Tambah dengan hardener secukupnya (di postingan kali ini, ane saranin sobat Jee semua untuk mempertajam feel dan intuisi, karena memang untuk menakar komposisi dempul plus hardener agak sulit, jadi selamat berjuang ya... ;l ).
Amplas bagian body motor yang cacat dengan amplas no. 600,
|
Usahakan dempul tipis-tipis dan merata |
|
Beberapa cacat yang sudah di dempul |
Setelah itu tambal dengan dempul+hardener tadi, jangan terlalu tebal, usahakan dempul menutup bagian yang cacat dengan tipis dan merata. Kemudian jemur dan tunggu kering.
|
Jemur sampai dempul benar-benar kering |
Setelah dirasa benar-benar kering, saatnya meratakan tambalan dempul tadi.
Ambil amplas no.600, baskom dengan air+sabun colek (ini bukan mau nyuci lho ya...), basahi amplas dan mulailah berjuang sob..!! Gosok terus sampai rata, sampai tambalan dempul hanya terlihat mengisi area yang cacat, ingat ya... sampai rata ! Hihi.... (kalau cacat masih menyisakan area yang tidak tertutup dempul, maka tambal lagi dan ulangi langkah diatas mulai dari awal)
|
Tambalan dempul sebelum diratakan |
|
Tambalan setelah diratakan (dempul hanya menutupi area cacat) |
Semoga menjadi artikel yang bermanfaat, salam FaNeearbrash.... :)
Sedikit petuah : Tidak dikatakan ahli melainkan terus belajar dan belajar. Semangat...!!!!
siiip tenan tipsnya, klo main fiber dempul adalah bagian yang paling laaaaama dan melelahkan, kadang sampe bosen mas, dempulnya bukan cuma sekali tapi berkali" biar bisa rata.
ReplyDeleteKalo aq gak banyak main dempul rid, tar kalo kebanyakan dempul lama2 bisa melepuh cat nya. Tips biar fiber body gak banyak makan dempul : ssat fiber udah tercetak, bagian luar kamu lapisi lagi pake resin+hardenernya sampai serat fiber terpendam dan rata, setelah kering ratakan dengan di amplas,setelah rata amati per sudut yg perlu di tutup pake dempul, kalo aq biasanya kayak gitu... semoga membantu, merdeka !!! Hehe...
ReplyDeletekenapa harus pke air+sabun colek wktu di amplas?
ReplyDeleteTujuannya : 1. Agar amplas bergerak bebas karena efek sabun yg licin
Delete2. Agar media kita bersih dr debu dan minyak yg mungkin secara tak sengaja menempel dipermukaan. Terima kasih sdh berkunjung..
mantabs mas brooo...
ReplyDeleteOke... terima kasih sudah berkunjung....
DeleteKeep posting yg bermanfaat lainnya masberoo....syurga menunggu..aamiin
ReplyDeleteOke sob... doain aja biar bisa istiqomah, hehe.... makasih udah mampir....
Deletemau nanya gan.
ReplyDeleteEmang kalo dempul gak pake hardener bakal beda hasilnya ?
hardener fungsinya buat apa gan ?
Makasih..
Hardener adalah satu komponen pelengkap, agar suatu komponen yg lain mampu bekerja dgn maksimal (dlm hal ini menjadi keras), jadi jika tdk ditambahkan hardener, maka dempul kita gak akan menjadi keras, minimal lunak. Begitu juga jika takaran hardener kurang dr komposisi yg dianjurkan, maka dempul kita pun gak akan keras, minimal kurang keras. Semoga sedikit membantu sob, terima kasih udah berkunjung...
Deletegw demen ini blogspot.. sangat membantu gw bangeeettt, thx bro for ur tips and trick... #lagi puyeng meratakan dempul.. hadeehh..
ReplyDeleteTrimakasih sob... namanya juga life 4 share... trimakasih udah berkunjung, pake sanding pad kalo area dempulannya luas sob...
DeletePunya saya head mio soul... Pass.. Jatohh rtak... Brati di dempul gpp kan???
ReplyDeleteLebih baik di repair dulu retaknya sob, bisa dilem... atau di fiber dulu, baru kemudian didempul biar rata..
Deleteaslkum...
ReplyDeletepermisi sob ...
artikenya sngat membantu mas bro. ohy saya mau tanya ne klo untuk ducco mobil/motor apa saja bahan n bgus. dempul sampai ke clear nya yang bagus apa ya mas bro .........?
wkwkwk kalau saya tadi dempulnya semua body dilapisin kaya di cat , terus di amplas :v
ReplyDeleteHehehe.... bisa buat pengalaman sobat steve.... terima kasih udah berkunjung...
DeleteSangat membantu :D
ReplyDeleteSob! Aku jg pakek dmpl sanpolac,tapi kok ndk mau kering ya. Di tmbh hedener lg jg ttp ndk mau kering.
ReplyDeleteBiasanya dr awal pencampuran ada yg kurang, hardener harus pas Sob...
Deletesob mau tanya , kalau dempul bisa ga sih pake spry gun. dan kalau cat terus mengkerut cara mengatasi nya gimana yaa
ReplyDeleteKayaknya gak bisa sob, kan dempul kentel bgt... itu namanya cracking, kalo udah dipernis biasanya sulit. Tapi kalo masih lapisan cat,bisa diamplas lagi sekitaran cracking tadi, cat ulang sesuai warna.
DeleteKisaran harganya berapa bro utnuk demoul yang ngga make hardener
ReplyDeletebiar cepet dan praktis
25ribuan sob... Langsung aja samperin toko bangunan...
DeleteBang. Kalo dempul bisa di pake buat nambal lubang body gak?
ReplyDeleteBisa sobat alfan... asal bertahap, jgn langsung main tutup semua.
ReplyDeleteNimbrung ah !......kalau kehabisan hardener,apakah anda punya cara lain untuk menggantinya sebagai pengering Sanpolac ? Karena klo beli khusus hardener kayaknya 'gak ada.
ReplyDeleteBelom pernah tau sob kamal
DeleteSaya punya body motor berbahan fiber om. .skrang catnya sudah kusam. .dan ada bagian " yang ngelupas dempulnya .. saya ingin mengecat ulang .. apa harus di dempul secara merata? Dan bagai mana cara pengerjaan yang baik? Trimakasih
ReplyDeleteUntuk bodi fiber, dempul berfungsi sebagai perata bentuk bodi aja, selama diamplas dan bentuk gak berpengaruh, gak perlu dempul ulang gak papa...
DeleteMisi om mau nanya,,kemaren saya maen ke tempat cat mobil..nah saya perhatiin waktu situkang cet abis ngedempul pake san polac dia lapisin lagi pake dempul sikken,kalo boleh dijelasin dempul sama sanpolac sama dempul sikken apa bedanya om??...
ReplyDeleteMakasih sebelumnya...
Secara kualitas dempul sikken lebih bagus dari sunpolac, secara fungsi juga sama karena sama-sama berjenis PU. Ane liat, ini hanya sebagai langkah ekonomis dan penghematan bahan saja, karena bila semua pake dempul sikken, bisa habis berapa ratus ribu hanya untuk ngedempul.
Deletemantab bro, ulasannya jelas dan singkat. Sukses terus
ReplyDeleteOke... makasih sob... terima kasih sudah berkunjung...
Deleteane baru beli tangki tp masih bahan, gimana cara dempulnya ya? soalnya harus di dempul keseluruhannya. kalo ke tukang cat minta 300rb. tangkinya aja cuma 200rb. maunya sih cara hemat, dempul sendiri spray paint. bisa tlg ksh tau solusinya bro.
ReplyDeleteYg harus disiapin : 1.epoxy filler 2.epoxy surfacer 3.dempul 4.cat dasar 5.cat warna 6.pernis amplas.
DeleteEpoxy filler dulu, amplas rata, dempul amplas rata, epoxy surfacer amplas ratakan, cat dsar, cat warna, pernis. Selesai sob..
Mas kalo epoxy filler d kuas bisa gag?trus d alusin pake amplas?apa guratan amplas bakal hilang
ReplyDeleteBisa aja mbak Lia... asal rata, tapi... kemungkinan besar terjadi guratan2 jejak kuas, di amplas bisa hilang, hanya saja permukaan epoxy jadi gak rata ketebalannya.
DeleteKira kira pake grid berapa biar cepat dan halus? Kalo pke spragun sering mampet...apa kalo di encerin gitu boleh? Trus tiner yg mudah melarutkan filler jenis merk ap?sering ngendap di bawah soalnya,apa karakternya bgtu?thx infonya
ReplyDeletePake grid 400 bisa, kalo mampet kemungkinannya masih terlalu kental. Kalo terlalu encer, fungsi epoxy salahsatunya buat membentuk bidang media tidak berhasil dong, jgn terlalu encer. Memgendap karena kurang sering di kocok saat pemakaian spraygun, thiner dengna daya larut yang baik bisa pake jenis PU (polyurethae).
DeleteKira kira perbandingan thiner dan epoxy yg baik berapa?thx infonya
ReplyDeleteSecara umum rata2 pabrikan menyarankan 4:1:4 4 untuk epoxy, 1 untuk hardener dan 4 untuk thiner
DeleteMantab om penjelasan nya. Tapi mohon solusi om, saya lagi ngecat helm tpi kok gagal ya. Udh di amplas kasar lanjut pake yg lemes pas kasih layer pertama kelihatan rapih dan rata. Tapi pas mau ngasih layer ke2 ketahuan ada semacam crack dan lubang lubang kecil kaya ditusuk pake jarum. Lanjut taha amplas lagi dan diberi dempul untuk menutup crack dan lubang tsbt. Amplas kembali namun pas di cat muncul lagi tusukan jarum nya. Solusi nya gmna ya om? Saya menggunakan spray can keluaran samurai. Terima kasih sebelum nya om
ReplyDeleteAssalamu'alaikum gan
ReplyDeleteMau konsultasi nih, kira2 seminggu yang lalu motor saya jatuh.. Nah di beberapa bagiannya seperti spakbor depan, kap depan itu lecet, baret, scratch sampai tembus warna dasar materialnya..berhubung ini adalah motor nyokap, Saya ngerasa bertanggungjawab buat mengembalikannya seperti kondisi semula.. Nahh menurut agan baiknya langkah apa yang harus Saya ambil..
Terima kasih sebelumnya
Terima kasih infonya gan.
ReplyDeleteLumayan buat nambah elmu.
Finishing Floor Hardener
Kegunaan Floor Hardener.
----------
om mau tanya...???
ReplyDelete~fungsi/kegunaan epoxy filler,epoxy surfacer,dan plastic primer?trs untuk urutan pemakaiannya jk media yg mau di cat terbuat dr logam besi,almunium,kuningan dan plastic abs?
~kmrn sy beli clearcoat blinken HS8100 sepaket dg tiner,tp kode tinernya kok ms3300.misal maksa pake tiner itu apa bisa mempengaruhi tngkat kebeningannya?
~cat nc dan PU yg murah bagus dan tahan lama apa ya?
~antara cat penta super gloss sama nippe 2000 bagusan mana om?
~utk epoxy yg umum digunakan mereknya apa,kalo pake dnt bagus ga?
tks....
maaf banyak nanya,msh newbi
Epoxy filler untuk anti karat, surfacer untuk rekatan antara filler dan dasaran. Plastic primer untuk rekatan antara bodi dan cat dasaran.
DeleteUntuk besi,aluminium, kuningan : filler-surfacer-dasaran-warna-pernis.
Untuk plastik abs pake primer dst seperti besi.
Ms3300 aman tetep bening.
DeleteNc top color, nippe 2000 atau penta.
Pu premila, wanda, blinken dll.
Penta dan nippe 2000 11 12 sob.
Epoxy Nippon, suzuka, danapaint dll.
Blm tau Dnt yg kaya, gmn...
Kalo dempul bisa buat menambal tangki bensin apa gak?
ReplyDeleteTrimaksih..sangat membantu bro
ReplyDeleteTerima kasih infonya gan.
ReplyDeleteLumayan buat nambah elmu.
Finishing Floor Hardener
Apa itu Floor Hardener.
----------
Mas...saya mo tanya...napa bekas dempulan kliatan setelah proses clear mengering..seperti membentuk area cacat yg didempul..
ReplyDeleteBiasanya karena kurang ratanya proses pengamplasan atau bisa juga struktur dempul kurang padat, sehingga ketika proses pengerjaan, cenderung turun sehingga membuat spot seperti yang sobat maksudkan.
DeleteIya munkin juga mas...waktu proses poxy n cat gak kliatan,tp abis clear kering baru kliatan....solusinya gmn mas?
DeleteBisa kah dempul sanpolac di aplikasikan ke bahan kayu?
ReplyDeleteBisa sob...
Deletemau tanya sob,klo bodi mobil kan besi,tapi klo waktu ngamplas pake air,apakah itu bisa mengakibatkan karat cepat muncul lagi,trima kasih sbelumnya...
ReplyDeleteBisa saja, tapi untuk pembentukan karat butuh waktu. Dan sebaiknya setelah selesai diamplas, bisa langsung ke proses epoxy filler.
DeleteGan ,, kalo sambungin body motor yang patah pake dempul bisa gak gan ?? Dan dempul nya beli dimana yaa ??
ReplyDeleteMisi bang..
ReplyDeleteKalo misalnya tangki ngelupas dwmpulnya, itu sebaiknya saya proses kyak painting awal, atau ckup dempul trus cat lagi??
Tengkyu bang
gan perbedaan dempul yg pake hardener(san polac) sama dempul gak pake hardener(isamu). apakah dalam keras nya dempul berbeda?
ReplyDeletePada dasarnya sama sama bisa keras dan menurut ane, tingkat kekerasannya tergolong sama. Perbedaanya mungkin hanya, jika memakai hardner, proses pengerasannya relatif lebih cepat ya, meakipun faktor cuaca juga turut membantu proses tersebut.
DeleteSob...apa bedanya epoxy primer n epoxy filler? mksi sblmnya...
ReplyDeleteSebenarnya udah pernah ane bahas di artikel khsus masalah ini sob, tapi secara singkat saja... Epoxy filler sebagai lapisan anti karat. Sedang epoxy primer untuk menutup lapisan dempul.
DeleteMau nanya
ReplyDeleteMbl sy wrna putih, lecet dalem trus ada wrna hitamnya. Itu wrna apa ya gan ?
Apkh bisa lnsg di oles dempul ?
Kalo cat masih bawaan pabrik, bisa jadi itu epoxy surfacer, bisa langsung didempul dan di epoxy lagi seblum di cat sesuai warnanya.
DeleteSanpolac kalo digunakan langsung menutup retakan sdikit karena benturan bumper jd agak belah itu nempel ga ya bang?
ReplyDeleteUntuk area yg sering ngerasai n getaran secara langsung berulang kali macam bamper, sebaiknya di akalin dulu. Dengan di jahit atau di resin dulu.
DeleteBang mau nannya nih... itu sanpolac kan ada minyaknya ya... nah biasanya yg dalem2 tu minyaknya udah minim bgt... gmn ya cara ngatasi minyak yg sedikit itu?? Soalnya klo minyaknya sedikit, makenya jadi gk enak n cepet keras gitu kynya... mohon solusinya...
ReplyDeleteUntuk penganti sejenis minyak ini ane belum tahu, tetapi baiknya selama pemakaian dempul, sebaiknya selalu diaduk rata dulu sebelum pemakaian.
DeleteMas saya kan mau ngecat tangki yang masih bahan . Apakah menggunakan efoxy primer merk samurai bisa gak mas ???
ReplyDeleteSelama ada hardnernya, maka layak dsebut epoxy dan bisa dipakai, jika cuma 1 komponen, kemungkinan itu bukan epoxy melainkan cat biasa dan jangan dipakai.
Delete