Monday, June 27, 2016

Tutorial : Cara setting tekanan pada kompressor

Assalamu'alaikum sobat Jee...  Ramadlon udah memasuki 10 hari terakhir nih, masih kuatkan puasanya...?  Kali ini iseng aja, ane bikin artikel tentang kompressor.  Kebetulan, kompressor yang pertama beli pada tahun 2013 udah lumayan uzur...  jadilah ane beli yang kecilan dikit khusus buat pengerjaan clearcoat aja.  Next...


Mungkin artikel ini sudah sedikit basii ya, tapi gak papalah, kan buat mereka yang baru terjun di dunia airbrush dan pengecatan, artikel ini akan sangat bermanfaat.  Langsung aja...

Bagaimana sih cara setting tekanan yang baik pada kompressor?  Kalo ane sih gampang aja sob...  Berikut ini adalah yang bisa ane jabarin, 4 step mudah setting tekanan kompressor.

1.  Pada sebuah kompresor pastinya ada 2 macam penunjuk (gauge) tekanan, bisa dilihat di foto diatas.  Gauge yang besar untuk kapasitas angin dalam tabung kompressor, sedang untuk yang kecil sebagai pengatur tekanan angin pada kompresor.  Diatas gauge ukuran kecil, ada knob yangbisa diputar ke kanan dan ke kiri sebagai pengatur tekanannya.  Kekanan berarti semakin besar tekanan angin, sedang jika kekiri semakin kecil tekanan angin.  Putar knob ke arah kiri sampai jarum penunjuk turun ke angka 0.  Hidupkan kompresor dan tunggu sampai terisi penuh dan otomatis mati dengan sendirinya.

2.  Langkah berikutnya, putar knob ke arah kanan, sampai jarum naik dan menunjuk ke angka yang kita butuhkan.  Disini (lihat foto diatas) ane membutuhkan tekanan sebesar 2 bar, knob ane putar ke kanan sampai jarum menunjuk ke angka 2 bar.  Langkah ke 2 selesai!

3.  Pasang slang dan spraygun pada kompresor, buka kran angin.  Semprotkan kompresor dengan setingan full pada spraygunnya.  Tangan kiri siap di posisi knob pengatur tekanan.  Saat spraygun semprotkan, maka posisi jarum akan turun, bisa ke angka 1 atau 1,5.  Inilah tekanan pada kompresor yang sebenarnya.  Untuk itu, saat spraygun di semprotkan maka akan secara bersamaan jarum akan turun...  maa tangan kiri sobat jee harus siap memutar knob ke arah kanan dan atur sampai jarum  menujuk ke arah angka 2 bar.  Selesai!


4.  Nah sobat Jee, saat spraygun tidak di semprotkan, maka jarum akan sedikit naik, bisa di angka 2,5 atau lebih.  Cara setting seperti inilah yang bisa membuat tekanan dalam kompressor menjadi stabil di angka yang kita butuhkan, tidak kurang (drop) dan tidak lebih (over).

Giman sobat Jee, mudah bukan...  sekian sedikit artikel pendek ini, semoga bermanfaat buat semua...  Assalamu'alaikum dan merdekaa....  Salam Fanee Arbrash.  Jka membutuhkan jasa kami kontak kami di 083830242625 atau ping me 7fa477ba.  Terima kasih sobat Jee....

46 comments:

  1. Nanya bang, apa bisa cat semprot kaleng diaplikasikan ke penbrush? Jikalau bisa apa ada penambahan thiner dengan jenis tertentu atau langsung semprot ke media? Dan apa efek yang mungkin ditimbulkan nantinya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja, hanya ada merk yg harus dihindari (jgn dipake) merk p×××x. Merk lain Insya Allah aman. Kalo ane biasa ditambahin thiner PU dikit, biar tambah larut aja.

      Delete
    2. Bisa aja, hanya ada merk yg harus dihindari (jgn dipake) merk p×××x. Merk lain Insya Allah aman. Kalo ane biasa ditambahin thiner PU dikit, biar tambah larut aja.

      Delete
    3. siiip makasih bang infonya. btw jujur saya banyak belajar dari blognya abang. jikalau berkenan minta pin bb abang biar enak jikalau nantinya ada unek2 untuk ditanyakan. maklum masih newbie butuh banyak pembelajaran wkwkwkwk

      Delete
  2. siiip...!! makasih ilmunya bang. keren n 4 jempol dah tuk blognya apalagi tuk newbie kaya saya banyak bingiiit dapet ilmu dari blognya abang. sukses slalu tuk abang trima kasih.

    ReplyDelete
  3. siiip...!! makasih ilmunya bang. keren n 4 jempol dah tuk blognya apalagi tuk newbie kaya saya banyak bingiiit dapet ilmu dari blognya abang. sukses slalu tuk abang trima kasih.

    ReplyDelete
  4. Mas apa ada warna cat yang mirip sisik bawah ikan, seperti putih mengkilat tp ada kyk warnanya? Namanya apa y? Makasih

    ReplyDelete
  5. Bisa dicoba putih mutiara dengan dilapisi lembayung.

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Oke ... sama sama , teri a kasih udah berkunjung...

      Delete
  7. mas,,
    gmn cara ngeluarin cat dari spray can?
    klo ditusuk paling kalengnya apa ngak meledak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan bagus sobat Opick, jangan ditusuk, gergaji aja atau kikir yg pipih. Siapkan tempat semacam baskom, untuk siaga karena sedikit banyak pastinya akan tersembur keluar catnya.

      Delete
  8. Mas, cara benerin pen brush yang bocor akibat karet lama kerendam thinner gimana ya?

    ReplyDelete
  9. Mas, permisi mau nanya. Saya pake kompresor multipro mcv 102 mpab buat air brush model kit. Nah pertanyaannya, pas penbrush ditekan full, tekanan udara kn turun, tapi punya saya kok lama-lama tekanan udaranya abis. Trus angin jg ga keluar. Padahal kompresor masih nyala. Apa itu wajar? Soalnya sbelumnya blum pernah kya gini. Walopun pen brush ditekan full, angin ttep keluar & ga sampe abis. Makaaih sbelumnya

    ReplyDelete
  10. Permisi gan,, ane newbi banget nih,, saya mau belu kompresor mini, unyuk cat. Apa ada saran kompresor kaya gmn?? Tk

    ReplyDelete
  11. Permisi gan,, ane newbi banget nih,, saya mau belu kompresor mini, unyuk cat. Apa ada saran kompresor kaya gmn?? Tk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minimal ukuran 1HP, tanyakan juga kesediaan sparepart jika kemungkinan ada part yg perlu diganti. Cari jika memungkinkan servis center prpduk tersebut.

      Delete
  12. misi bang iman saya mau nanya,saya pnya kompresor lakoni imola 75 hp biasanya kompresor saya kalau sudah penuh pasti mati trus dan ga tau knapa kok anginnya kluar sendiri tpi kluarnya lwat otomatisnya,gimana cara mengatasinya bang tlong di share bang infonya.trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dibalik, dan knob otomatisnya kasih pelumas semacam oli. Tarik tarik sampe berasa enteng. Ane rasa troblenya ada di knob otomatis yg agak macet karena endapan air yg kotor korosif.

      Delete
    2. kompresor saya bru 6 bulan bang udah saya buka pressur switchnya dan pressur switchnya yg push on off,saya juga ga da korosi bang,kira" knpa ya bang.trima kasih

      Delete
  13. Mf saya pake lakono imola 75 tapi stelan tekanan ko cuma 1(max 120) min 60. Tlg bantu caranya biar minimal 30 biar krn tdk ada stelannya buat atur minimal.. Mksh

    ReplyDelete
  14. mas.. .tekanan udara yang pas buat air brush.. khususx yg mini pen

    ReplyDelete
  15. maaf mas mau nanya dikit, soalnya kurang paham nih di foto yg ke 5 kok gauge yg besar ikut ke turun 2,5 juga? dan kalau waktu pengisian nya misal 8 bar apa bisa pas ke 8 bar mas? dan apakah kalau saya bukan sebagai ahli nya setting regulator apa bisa berbahaya? terima kasih ...maaf mas msh newbie bangat nih dan baru beli fresco 130x gak tau cara setting angin keluar nya...thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gauge besar sebagai penunjuk kapasitas angin ditangki, seiring pemakaian angin, tentunya penunjuk juga akan turun sob, kemudian diangka berapa setingan otomatis akan menyala untuk mengisi angin lagi. Untuk spek awal jika memang 8 bar, pasti akan mentok diangka tersebut, kecuali kompresor dengan jam terbang tinggi, pasti akan ada sedikit penurunan. Hati saat setting otomatis, serahkan pada ahlinya.

      Delete
    2. o..ok....dan kalau cuma setting regulator pengeluaran angin yg kita inginkan( gauge yg kecil) gak ada masalahkan ke gauge yg besar(penunjuk kapasitas angin yg ditangki), dan yg kedua mas tolong dibantu kemarin gak tau waktu test kompressor nya begitu terisi penuh pas 8 bar dan saya waktu buang anginnya melalui safety valve sampai gauge menunjukkan angka nol, kok sekarang gak bisa terisi kembali dan ada kayak bocor di safety valve nya, apa mungkin safety valve nya rusak? kalau ganti safety valve perlu penanganan khusus gak mas, atau bisa kita pasang sendiri.dengan syarat buang angin kompressor sampai habis baru buka safety valve nya dan diganti...thanks mas...tolong dibantu.

      Delete
    3. Jangan ganti dulu, coba aja dibalik dan cek kondisi safety valvenya, dibersihkan dan dilumasi, kemungkinan safety valvenya kotor atau kering sehingga ga bisa balik ke kondisi awal.

      Delete
  16. o...ok...maaf menggangu mas lagi ...itu bahas yg gauge besar. gmn pula gauge yg kecil mas. pertanyaan nya :

    1. apakah ada efek bahayanya ke gauge besar kalau kita setting regulator pengeluaran angin (gauge kecil) untuk yg kita ingin kan misal nya default nya gauge kecil waktu beli kompresor 8 bar juga , sedangkan yg kita ingin kan cuma 2 bar.

    2.safety valve; boleh kah buang angin melalui safety valve kalau kita tdk menggunakan kompresor lagi? soal nya saya buang angin melalui sana mas, sekarang asal hidupkan kompresor ada suara (angin) yg keluar dari safety valve, apakah itu yg rusak? kalau ganti safety valve apakah ada penganangan khusus mas? atau kita bisa ganti sendiri dengan syarat angin didlm tangki harus dikosongkan dulu.

    3. bolehkah setiap siap pemakaian kompresor nya tangki kompresor nya kita kosongkan?

    maaf mas banyak tanya....soalnya msh gak ngerti juga mengenai kompresor ini, dan juga merupakan alat yg bahaya juga nih. terima kasih .......



    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Ga bermasalah kalo memang settingnya melalui knob regulator yang ada.
      2. Boleh saja, namun untuk buang total bisa melalui baut pembuangan yang ada dibagian bawah tangki.
      3. Boleh dan lebih dianjurkan.

      Delete
    2. thanks mas, atas infonya.......

      Delete
    3. btw mas....kalau kompressor lakoni 130x 1hp bisa gak dipakai untuk airbrush juga? thanks....

      Delete
  17. Mas, mau tanya saya baru beli kompresor lakoni imola 75, di petunjuknya max 8 bar, waktu saya nyalakan kok ga bisa sampai ke angka 8 bar ya sehingga otomatisnya ga bisa stop karena belum sentuh 8 bar.solusinya gmn ya mas?? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya konsultasikan ke penjualnya, jangan diutak atik duku, karena kalo memang bermasalah, masih direntang garansi mesin.

      Delete
  18. bang Falaq saya mau bertanya ni punya unek² sedikit ? tapi diluar tema .. hehe .. saya beli kompressor merk prohex 0.65HP itu berapa wat ya tegangannya ? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pastinya ane ga tau sob, tapi kalo ukuran segitu dengan tegangan listrik tempat usaha 900w,pasti masih kuat... Kalo memang ga kuat, pasti ada kesalahan instalasi kabel listrik dirumah ente sob..

      Delete
  19. maaf bang falaq saya mau bertanya di luar tema ni .. hehe ? saya beli kompressor merk prohex 0.65HP itu berapa watt yah ? kira² kuat gak di listrik berdaya 900wat ? terimakasih.

    ReplyDelete
  20. Kompresor merk essen saya angin tekanan tinggi yang keluar cuman keluar sebentar selebihnya pelan selang beberapa detik juga sama tekanan angin nggk stabil, dan kompresor tidak mau mati sendiri padahal baru beli gmn itu mas solusinya...

    ReplyDelete
  21. bang maaf nanya, sy baru beli kompresor fresco 110, nah ini regulatornya tekanannya kok selalu sama spt yang tekanan tangki ya? sy puter ke kanan ke kiri tp g ada gerakan smskali di tekanan regulatornya, harusnya kan gerak sesuai settingan kita ya? gt kenapa ya

    ReplyDelete
  22. Bg kalau cara setel angin biat cepat untuk tekanan angin 150 gimana ya..karna kompresor kami lemah x dah anginya..tolong dibantu bg

    ReplyDelete

Jika menurut sobat artikel di blog ini bermanfaat, silahkan berkomentar untuk perbaikan blog kedepan, terima kasih sobat jee...