Friday, August 19, 2016

Proses perataan permukaan bidang airbrush

Assalamu'alaikum sobat Jee...  Mumpung sepi nih, ngeblog yuks....., hehe....
Kali ini ane mau sharing sedikit tentang proses perataan bidang yang di airbrush.  Lanjut ke halaman dibawah...


Sobat Jee dimanapun berada...  Banyak sudah yang bertanya baik lewat Email, Whatsapp, Bbm, Sms, Fb, Instagram dll, weh... banyak bener Cak Jenggot, lebay ah...., hehe.... gimana cara meratakan permukaan bidang airbrush, biar rata dan halus.  Secara, bila tidak mengetahui trik yang akan ane jabarkan, pastinya akan penasaran setengah kutu, iya kan... ya kan... ngaku deh....

Ane tidak akan menjabarkan secara runut mulai awal pengecatan sob, akan ane mulai dari tahapan clearcoat saja, karena ane yakin, rata-rata sobat Jee sudah paham betul tahapan pengecatan.

Berikut adalah tahapannya : ● Tahapan clearcoat dengan menggunakan clearcoat jenis NC beberapa lapis hingga dirasa cukup tebal.  Perhatikan ketebalan lapisan clear NC nya, jangan sampai terlalu tipis untuk kemudian proses selanjutnya.
● Amplas menggunakan amplas no.600 sampai bidang yang di airbrush menjadi rata.  Lihat foto dibawah ini, itu adalah proses pengamplasan bidang berairbrush, setelah rata, haluskan lagi dengan amplas no.800 supaya bekas goresan amplas sebelumnya menjadi lebih halus.  Cuci bersih.
● Keringkan hingga air bekas pencucian menjadi kering.  Siapkan sikat gigi atau sikat lainnya, untuk membersihkan sisa-sisa pernis kering, biasanya terselip di sela-sela bidang media.  Bersihkan hingga tidak ada yang tersisa.
● Tahapan berikutnya adalah clearcoating dengan pernis jenis PU.  Ada sedikit catatan dari ane, dan ini merupakan opsi yang bisa di praktekkan oleh sobat Jee semua.  Seperti yang biasa ane lakukan, saat tahap ini, untuk lapis pertama clearcoat, ane menggunakan pernis jenis PU yang biasa saja (kalo sungkan bilang murah, hehe...)  biarkan kering tekan.
2 kali clearcoating (danagloss dan Nippon Hg)
 Amplas tipis-tipis dan siap untuk di pernis lagi dengan menggunakan pernis jenis PU dengan kualitas yang lebih baik dari yang sebelumnya.  Tentunya lebih mahal juga ya sob...

Nah, sobat jee...  itu tadi sedikit info yang bisa ane bagikan, semoga bermanfaat buat semua.  Tetap semangat dalam berkarya dan salam fanee arbrash!!
Merdekaaa......!!  Life 4 share....

10 comments:

  1. ass bang jenggot, numpang nanya ..
    kalo untuk lapisan pertamanya lngsng mnggunakan vernish jenis PU bisa ga bang??
    ane takutnya kalo mnggunakan jenis NC untuk lapisan pertama dan selanjutnya mnggunakan PU akan keriting bang .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam sobat Dhito, bisa juga kok, tapi saran ane, pake aja yg agak murah untuk lapisan pertama, bisa pakai macam danagloss...

      Delete
    2. Waalaikumsalam sobat Dhito, bisa juga kok, tapi saran ane, pake aja yg agak murah untuk lapisan pertama, bisa pakai macam danagloss...

      Delete
    3. assalam muallaiqum bang muhamad falaq, nama yg bagus, hehe. .
      bang bole nnya nga? kenapa cat warna puti maupun hitam yg digunakan untuk lis warna selalu kriput dan bintik2 halus yg disebabkan oleh lakban kertas, jadi saat dilepas lakbanya nmpak bintik2 halus. . kira2 knpa terjadi sperti itu mas, pdahal catnya sudah kering tekan

      Delete
  2. asaalam mualaiqum abg muhamad falaq, nama yg bagus?
    bg boleh saya bertanya ni?
    bg knpa klo sya mau buat lis warna putih maupun hitam selalu terjadi bintik2 yg disebabkan lakban kertas-nya, awalnya halus dan kilat kemudian di tempel dengan line lakban kertas pas selesai cat warna lain lakbanya di lepas tpi beruba bintik2. .
    kira2 knapa itu abg muhamad falaq?

    ReplyDelete
  3. asaalam mualaiqum abg muhamad falaq, nama yg bagus?
    bg boleh saya bertanya ni?
    bg knpa klo sya mau buat lis warna putih maupun hitam selalu terjadi bintik2 yg disebabkan lakban kertas-nya, awalnya halus dan kilat kemudian di tempel dengan line lakban kertas pas selesai cat warna lain lakbanya di lepas tpi beruba bintik2. .
    kira2 knapa itu abg muhamad falaq?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan karena kandungan adhesive di lakbannya, coba deh pake lakban merk lain.

      Delete
    2. makasi banyak mas infomasinya, hehe mase mang baik tenan

      Delete
  4. mas klo clear jenis pu pengeringannya gak boleh dijemur dibawah terik matahari langsung....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya jangan! Beberapa merk thiner dan merk pernis sangat sensitif dengan panas pengeringan macam sinar matahari. Sebaiknya di keringin dengan suhu ruangan aja 1x24jam. Setelah itu boleh deh dijemur.

      Delete

Jika menurut sobat artikel di blog ini bermanfaat, silahkan berkomentar untuk perbaikan blog kedepan, terima kasih sobat jee...