Monday, August 1, 2016

Tips dan trik : water transfer film (hydrographic) motif kayu (wood panel)


Assalamu'alaikum sobat Jee dimanapun bermukim....  Postingan kali ini masih sekitar Water transfer film atau dalam istilah lain disebut dengan Hydrographic.  Menyambung artikel kemaren mainan hydrographics yuks, ane mau membagikan sedikit tips dan trik dalam pengerjaan wter transfer film dengan motif kayu. 
Cekidots sob....

Banyak sudah percobaan dengan status gagal, kurang mateng atau permukaan filmnya botak-botak kayak profesor saat sesi pembelajaran ane tentang material hydrographic ini.  Maklum sob, bermodal tanya temen satu grup dan nonton youtube sampai kenyang asam garam.

Akhirnya.... Alhamdulillah, Allah Ta'ala menolong hamba-Nya tidak berputus asa .
Dari material hydrographic yang ane dapat, ane kedapatan material yang transparan sob, jadi warna basecoat sangat mempengaruhi penampakan saat hydrographic menempel di media yang kita kerjakan.

Ane, kebetulan dapet order mengerjakan seperangkat panel sebuah mobil milik temen.  Doi minta di lapisi dengan hydrographic dengan motif kayu (wood panel) biar elegant gitu.....
Sedikit tips dan trik dari ane untuk sobat jee sekalian yang mungkin akan mengerjakan atau sedang bwlajar water transfer film dengan motif serupa.
 ●Untuk motif kayu (transparant) guanakan basecoat warna-warna kulit cenderung pastel, maksudnya jangan terlalu ngejreng dan jangan terlalu tua.  Karena, warna material hyrographicnya udah cenderung gelap.  Basecoat yang berwarna kalem akan mampu lebih menampakkan urat dan alur kayunya. Gunakan campuran warna kuning : merah candy : biru untuk komposisi warna kulit atua cendrung kuning pastel.


●Setelah water tranfer film teraplikasikan pada media kita, jangan langsung masuk tahap clearcoating, tips dari ane.  Berikan sedikit sentuhan saputan menggunakan airbrush.  Gunakan warna orange candy (cat transparan) untuk lebih meng"hidup"kan alur dan guratan kayunya.  Jangan di saput semuanya, cukup bebrapa saputan model gatis berliku mengikuti beberapa alur urat kayunya.  Selesai, baru kita lapisi dengan clearcoat glossy atau clearcoat jenis doff bisa jadi pilihan sobat Jee.


Selamat mencoba....   semoga artikel kali ini berguna buat sobat semua...  Assalamu'alaikum.....  
Jaya selalu brusher Indonesia...  Merdeka...!!!  


Fanee Arbrash CP 083830242625  Ping Me [7fa477ba] for job order, thanks sobat!


No comments:

Post a Comment

Jika menurut sobat artikel di blog ini bermanfaat, silahkan berkomentar untuk perbaikan blog kedepan, terima kasih sobat jee...