Saturday, November 7, 2015

Komparasi produk clearcoat : Nippon Hi-Gloss VS Blinken Ms 2500 (Klarlack)

Assalamu'alaikum sobat Jee tersayang... hehe...  Coba-coba membuat artikel komparasi dua produk clearcoat yang pernah dan biasa ane pakai.
Artikel ini dibuat tanpa ada tendensi apapun keculai murni sebagai bahan perbendaharaan kita semua, segala sisi minus dan positi dari salah satu produk ane serahkan pada sobag jee semua.
Dalam artikel ini, ane akan jelasin semua keterangan pendukung, seperti harga, komposisi, type/jenis, viscositas dll.

Selamat menikmati....
Yang pertama ane jabarin speknya adalah blinken MS 2500 atau biasa disebut blinken klarlack.
■ Ukuran dalam kemasan 250 cc + Hardner 250 cc
■ Perbandingan ratio 1:1
■ Viscositas secara umum bisa dibilang agak encer (aplikasi disarankan tanpa thiner)
■ Harga di beberapa toko cat masih di rentang +- Rp. 75.000

Yang berikutnya Nippon Hi-Gloss
■ Ukuran dalam kemasan 800 cc + Hardner 200 cc
■ Perbandingan ratio 4:1
■ Viscositas secara umum bisa dibilang agak kental (aplikasi disarankan ratio thiner tdk lebih dari 75% dari total clearcoatnya)
■ Harga di beberapa too cat masih di rentang +- Rp. 98.000

Nah, setelah ane jabarin masing spesifikasi dari masing-masing produk, mari kita komparasi hasil akhir dari masing-masing produk, dengan catatan jangan ada pro dan kontra di antara kita, hehe....   Its just Comparation a product!! Let get it down!!!  Sedikit catatan, meskipun blinken Ms 2500 disarankan tanpa thiner, akan tetapi dalam komparasi ini, tetap ane tambahin sedikit thiner Alfagloss, begitupun saat pengaplikasian pernis Nippon hi-gloss.
Oke sobat Jee, semua bentuk penilaian bisa dan sah sah saja sesuai masing-pihak dan sudah semestinya kedua produk punya nilai plus minus, so...  sesuaikan kebutuhan saat penggunaan dua produk di atas.

Terima kasih sudah berkunjung, Assalamu'alaikum dan salam Merdeka....!!!



153 comments:

  1. itu pakai cat merk apa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang mana sob? Yg deep purple apa yang red candy?

      Delete
  2. Mix antara red candy dan biru danagloss sob..

    ReplyDelete
  3. Mix antara red candy dan biru danagloss sob..

    ReplyDelete
  4. cat kyk gini tahan panas Muhammad Falaq? bisa buat bak kopling?blok motor?? makasih informasi sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang rekomended... untuk bak kopling bisa coba pakai cat PU+hardner PU.

      Delete
  5. cat pu merk apa yang banyak di toko bangunan. maasalahnya di setiap toko bangunan sini jarang yg jual tq

    ReplyDelete
  6. Cat PU gak dijual di toko bangunan, toko cat mobil sob...

    ReplyDelete
  7. gan, kalau takaran cat Penta pake thiner cobra brp ml? trus klo jual mal/cetakan segi6/lingkaran itu dimana, dan namanya apa?? trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penta bisa 75% dr total cat, namanya stencil hexagonal atau sarang lebah.

      Delete
    2. brarti 1liter cat, 750ml thiner? tpi ada jga orang blang 1:1 sampe 1:2???

      Delete
    3. Harus melihat viscositas suatu produk skb, kalo viscositasnya terbilang encer, jgn terlalu banyak thiner, cenderung meleber tar...

      Delete
  8. @Muhammad Falaq : minta pin bb atau no hp dong mas

    ReplyDelete
  9. mas, saya kurang paham perbandingan akhir 2 clear coat ini, secara aplikasinya beda barang, warnanya beda pula. secara kasat mata saya, yg kanan (blinken) lebih mengkilap ya?

    trus secara keawetan gimana mas?

    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah rasio akhir tetep aja, yg blinken 1:1 dengan penambahan thiner secukupnya, kasarnya kalo 1 kaleng pernis (blinken) itu dipakai semua, maka hardnernya pun harus dipake semua. Untuk Nippon rasio 4:1 kasarnya kalo sobat patrot nakarnya pake sendok makan, maka 4 sendok makan pernis berbanding 1 sendok hardner, thiner secukupnya. Semoga dimengerti.

      Delete
    2. yang saya maksud kualitas kilapnya, apa bener blinken lebih oke dibanding nippon?
      (soal rasio saya paham)

      maaf kalo mungkin kata2 saya membingungkan.

      Delete
    3. Untuk penglihatan ane memang lebih condong ke blinken.

      Delete
  10. Mas...klo clear coat gbs kering tekan pake kuku penyebabnya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa sebab diantaranya, lapisan cat kurang kering, clearcoat dan hardner gagal bereaksi secara kimia, salah pemakaian jenis thiner.

      Delete
  11. Setau saya untuk mengatasi clear coat yg lembek[ga mau kring]harus di amplas pke amplas kertas 360.trus di ckear coat ulang dg clear ciat yg fres karna pnyebab clear coat lmbek bisa di sebabkn karna clear coatnya dh basi[clear coat dn hardener sudah ter cmpur lbih dari setengah hari]

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sobat Ning sih ada benarnya juga... terima kasih untuk korespondensinya... good work!

      Delete
  12. Saya mau tanya, repair clear coat bleber di body motor pakai amplas brp ? Atau ada solusi lain atas pengalaman agan?? Dan bagai mana cara menghaluskan nya lagi sampai menimpa clear coatnya lagi, agar semua terlihat maximal .. terima kasih :)

    ReplyDelete
  13. Saya mau tanya??
    Kalau pemakaian clear coat merk blinken bleber di body, bagai mana cara repair salain cat ulang ?? Saran agan apa harus di amplas dngn ukuran amplas brp ? Atau agan punya pengalaman untuk repair itu dngn cara yg maximal .. mohon bantuannya terima kasih ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika secara keseluruhan bodi pada tahap akhir memang akan di lakukan tahap polishing, sebaiknya di amplas saja dengan no. 800 lanjut 1200 dan 2000, kemudian gunakan kompon putih sampai bekas amplasan menjadi rata, kemudian kembalikan kilap seperti area yang tidak diamplas dengan menggunakan WAX (gunakan wax dengan kualitas yang bagus).

      Delete
    2. Akan tetapi, jika melebernya belom sampai tahap finishing clear coat, bisa diamplas rata saja menggunakan no.800 dan 1200, untuk kemudian di clearcoat lagi secara menyeluruh. Ane kira itu.

      Delete
  14. mas blognya mantap, kebetulan lagi cri finishing coat, masih awam banget. mau nanya jikalah peruntukan finishing coat /lapisan pelindung kalau makai seperti ini apakah rekomended utk digunakana di gelas, karena saya lagi cari solusi dimana stlh kertas decal diaplikasikan ke gelas kaleng bisa lebih awet tahan gores dan cuci mas. mungkin bisa kasih petunjuk/ saran baiknya memakai apa. saya tes dengan pillox clear 128 sebagai finishing tetap ngelotok setelah gelasnya saya rendam air semalaman mas, trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane pernah pake untuk uji cob pada gelas type mug, dengan keadaan mug sudah dalam keadaan di coating sebelum di decal. Setelah decal menempel, ane lapisi lagi dengan pernis jenis PU. Kering dna tahan lama sampai komentar ini di tulis.

      Delete
  15. Gan ane waktu itu pke blinken cuma gk semua takut kebanyakan terus ane sisain itu ngaruh gk ?

    ReplyDelete
  16. Gan ane mau tanya kalo pemakaian pernis blinken di sisain itu ngaruh gk buat pernis selanjut nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama tidak di campur dengan hardner dan thiner, enggak berpengaruh. Tutup rapat dan masih bisa dipakai lagi. Tapi untuk yg sudah di campur dengan hardner dan thiner, 1x24 pasti ngejel atau sedikit keras dan gak bisa dipakai lagi. Terima kasih udah berkunung.

      Delete
    2. Mohon bantuannya mas. Kalo blinken 4100 yang udah dicampur hardener thinner maksimal berapa lama ya biar masih bisa dipakai lagi? Kemaleman nih tapi udah terlanjur dioplos.
      Terima kasih atas jawabannya

      Delete
    3. Ane belom pernah pakai blinken 4100, cuma menurut rata rata sekitar 1 setengah jam, itu oplosan akan sedikit demi sedikit menjadi ngejel.

      Delete
    4. Terima kasih atas jawabannya...
      Kalau menurut sampean, bagus tidak kualitas blinken 4100 ?

      Delete
  17. Mas saya mau tanya itu blinken kalo misalkan pake thinner rasionya gimana ? 1(total clear coat + hardener) : 0,5 apa 1 ? . Oiya satu lagi kalau epoxy jenis PU dicampur dengan thinner jenis NC apakah bisa ? Makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thiner jgn terlalu banyak, karena pernisnya sendiri udah lumayan encer, belom lagi dengan rasio 1:1 denga hardner, thiner bisa dikasih 0,5 atau 1/3 nya totla pernis.

      Delete
  18. Bang itu kalo pakai blinken g di poles tetep kinclong apa kurang,,,soalnya paling males molesnya kalo motor banyak profilan keci

    ReplyDelete
  19. Mas , mau nanya kalo ngacat bak kupling cat nya harus d campur hardener?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu cuma salah trik aja, dengan menggunakan cat jenis PU dan di mix dikit dengan hardner Pernis PU. untuk hardnernya bisa beli yang kalengan seperempat di toko cat mobil.

      Delete
  20. Mas , mau nanya kalo ngacat bak kupling cat nya harus d campur hardener?

    ReplyDelete
  21. klo ada bintik" kecil di lapisan clear knp ya mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. beberapa kemungkinan : Jarak spraygun terlalu dekat, thiner yang kurang sesuai spesifikasinya untuk di mix dengan pernis tersebut, setingan tekanan pada kompresor dan spraygun yang kurang pas. Silahkan di analasia dengan menggunakan beberapa faktor diatas, Insya Allah ketemu problemnya.

      Delete
  22. mas mau bertanya cara mengatasi cat yang gagal di pernis gmana ya? saya pakai clear coat merk lux ketika di aplikasikan terlihat wet look tp ketika dijemur dbawah sinar matahari lgsg ketika kering jadi kusam dan cenderung putih.. rencana mau di pernis ulang apa bisa tanpa proses cat ulang? karna kalau cat ulang grafis lagi mas. Mohon pencerahannya. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tinggal amplas lapisan pernisnya dengan amplas 1000 atau 1200.

      Delete
  23. Mas mau tanya kalo clear coat blinken 550 trus dipakein hediner ms2500 bisa gak mas

    ReplyDelete
  24. Mas mau tanya kalo clear coat blinken 550 truss hediner pake ms 2500 bisa gak mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara teori bisa, tapi secara spesifikasi bisa jadi beda formula dan hasil akhirnya.

      Delete
  25. Mas mau tanya kalo clear coat blinken 550 trus hidiner pake ms 2500 bisa gak mas

    ReplyDelete
  26. Permisi mas, sya mau nanya klau vrnis blinken ms2500 apkah bisa pskai thiner laba" walaupun sedikit ? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya jangan jika spesifikasi thiner tersebut kurang jelas. Karena setau ane dipsaran ada 2 merk thiner berlogo sama2 memakai binatang laba2. So, sebaiknya dihindari, masih banyak thiner yg lain.

      Delete
  27. Gan kok sama coba mix red candy sama biru danaglos, kok hasil deep purpel'a kaga sama kaya punya agan

    ReplyDelete
  28. Gan saya mau tanya gan.
    Waktu saya ngeclear sudah saya periksa hasil sudah merata dan sudah bagus pas di lihat,anehnya pas udah kering muncul bintik bintik kecil.
    Itu apa sebabnya ya...?
    Clear yang saya gunakan Sikkens Autoclear HS.
    Hardenernya P35 bawaan clear nya.
    Cuma thinner saya pakai nippe2000 HG.
    Mohon solusi gan.

    ReplyDelete
  29. Saya mau tanya gan.
    Waktu saya ngeclear hasilnya kalo di lihat sudah merata trus tertutup sempurna dari tiap lapisnya,tapi pas kering tiba tiba muncul bintik bintik kecil gan.
    Itu kenapa ya gan...?
    Bahan yang saya pakai waktu ngeclear
    Sikkens Autoclear HS
    Hardenernya p35 bawaan clear nya.
    Thinner nya nippe2000 HG
    Mohon pencerahannya gan,..?!!!???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada 2 kemungkinan, semoga salah satunya sebagai jawaban. 1 soal thiner yg kurang sesuai dengan formulasi pernisnya. 2 soal proses kondensasi yg terjadi pada kompresor sobat. Ada sedikit udara yg mengangkut kandungan air, biasanya terjadi saat suhu masih terhitung rendah atau saat kompresor bekerka terlalu keras, udara yg terhisap melewati pipa panas, alhasil jadilah udara panas yg bila terkumpul maka akan tercipta proses komdensasi.

      Delete
  30. Clear pengeringannya gak boleh di jemur di terik matahari ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya setelah proses clearcoating jangan langsung dijemur.

      Delete
  31. Clear pengeringannya gak boleh di jemur di terik matahari ya gan

    ReplyDelete
  32. Gan saya mau tanya gan.
    Waktu saya ngeclear sudah saya periksa hasil sudah merata dan sudah bagus pas di lihat,anehnya pas udah kering muncul bintik bintik kecil.
    Itu apa sebabnya ya...?
    Clear yang saya gunakan Sikkens Autoclear HS.
    Hardenernya P35 bawaan clear nya.
    Cuma thinner saya pakai nippe2000 HG.
    Mohon solusi gan.

    ReplyDelete
  33. Om thiner yg bagus buat nge cat apa yaaa ? Trus thiner yg bagua buat campurin clear blinken apa yaaa ?

    ReplyDelete
  34. Om thiner yg cocok buat campurin clear blinken apa yaaa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren blog nya gan ... mau tanya klo clear khusus untuk cat warna putih agar tidak cepat menguning dan tahan lama pakai clear apa ya?

      Delete
  35. Gan keren banget blog nya .. mau tanya juga nih clear yg tahan lama untuk cat warna putih agar tidak cepat menguning pakai clear apa ya ?

    ReplyDelete
  36. Gan mau tanya nih clear khusus untuk cat warna putih agar tidak cepat menguning dan tahan lama pakai clear apa ya?

    ReplyDelete
  37. Gan mau tanya klo clear khusus untuk cat warna putih agar tidak cepat menguning dan tahan lama pakai clear apa ya?

    ReplyDelete
  38. Gan keren banget blog nya .. mau tanya juga nih clear yg tahan lama untuk cat warna putih agar tidak cepat menguning pakai clear apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sob... Untuk kasus seperti ini, warna putih yg menguning, sudah jelas ini masih berhubungan dengan kualitas clearcoat/pernis itu sendiri. Ada rupa ada harga, ane cuma bisa ngasih saran beli yg mahal aja, hehe...

      Delete
  39. Om gan teng, Saya mau tanya. Spray gun elektrik atau yg kompresornya bisa ditenteng bagus ngga ya untuk hasil cat nya? Takutnya masuk angin or pressure anginnya ga stabil. Aplikasi buat velg mobil, mungkin bisa sekalian ngasih rekomen merk cat primer, base, clear n thinnernya :) hatur tengkyu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena ane brusher ecek-ecek, tentu saja bahan yg ane pake tak kalah ecek-eceknya sob... Ane biasa pake produk nippon paint sob...

      Delete
  40. gan, mau tnya. klo cat lama yg udah kusam apa bisa ditimpa clear coat biar kinclong lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja, hanya untuk kecerahan cat akan kurang tertolong meskipun menggunakan clearcoat yg bagus.

      Delete
  41. Gan mau tanya , saya tiap clear coat kok sering muncul bintik kyk kawah itu kenapa ya? sama minta nomor WA dong gan buat tnya" , thx sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa karrna tangki yg kebanyakan air, kuras aja. Atau oli pelumas seker yg sudah masuk ke area tangki.

      Delete
  42. Gan saya minta saran nih ,saya mau cat ulang mobil warna putih cat apa yang harus saya pake tentunya pengen bagus tapi ga terlalu mahal gto....hehe dan kalo misalkan cat gitu harus satu merek dari poxy same clear ,terimakasih .

    ReplyDelete
  43. gan ane mau nanya dong , pernis blinken bisa di campur sama thiner cobra gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo jenis thiner cobra itu berjenis PU, aman sob... Tapi... Sebaiknya pake aja produk blinken macem thiner berlabel BC 30.

      Delete
  44. Mau tanya gan . Tiner. Buat merah marun yg bagus pake apa.? Sama pernis Blinken pake tiner impala bagus gak ?

    ReplyDelete
  45. Mau tanya gan . Tiner. Buat merah marun yg bagus pake apa.? Sama pernis Blinken pake tiner impala bagus gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya cat merAH marun yg bagus merk apa kali ya? Semua bagus... Cuma soal ketahanan aja yg berbeda beda. Ada harga ada rupa.

      Delete
  46. Pernis Blinken di campur tiner Impala hasilnya bagus gak gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama thiner Impala itu berjenis PU, its ok sob!

      Delete
  47. Dana'a minim mau HASIL maksimal...
    Bingung gak tuh???
    Jd solusi'a pake pernis apa Um???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baiknya pake yg harga menengah aja. Banyak kok, dari nippon atau danapaint ada.

      Delete
  48. Mas misal body motor tanpa di amplas ulang langsung di tembak pernis apa bisa,,awet apa enggak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja.... Hanya untuk daya adhesivenya akan kurang baik, lebih mudah rontok.

      Delete
  49. Gan, saya mau tanya merk cat jenis PU (dari dasar epoxy sampe clear) yang harga relative murah tapi berkesan mewah, buat cat ulang mobil warna abu abu metalik.. Makasih gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ukuran mewah sulit di gapai dengan harga murah, bisa di akalin epoxy sampai cat pake NC, pernis pake PU yg bagus. Kalo masih maksa semua harus pake PU, cari aja yg eceran.

      Delete
  50. Gan,berapa jarak waktu tiap lapisan clear coat ms 2500,karna butuh samapi 5 lapisan untuk membuat rata permukan pada airbrush,apa harus menunggu kering keras tiap 1 lapisan
    dulu baru jadi lanjut clear lagi, maklum newbi,terimakasih

    ReplyDelete
  51. Gan,berapa jarak waktu tiap lapisan clear coat ms 2500,karna butuh samapi 5 lapisan untuk membuat rata permukan pada airbrush,apa harus menunggu kering keras tiap 1 lapisan
    dulu baru jadi lanjut clear lagi, maklum newbi,terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tutorialnya sudah ane bikinin di artikel lain, silahkan dibaca sob...

      Delete
  52. Permisi gan.. Waktu saya pernis.. Saya pakai pernis blinken.. Hardner bawaan blinken.. Dan thiner dakar PU,,
    Saya pakai takaran pernis 4 : hardner 1 : tiner 3,,

    Dan hasilnya yg keluar dari spray gun berbentuk seperti benang" kecil gitu gan...

    Mohon pencerahan untuk takaran yg pas..

    ReplyDelete
  53. Permisi gan.. Mohon pencerahanya..
    Saya pakai pernis blinken : hardner blinken : tiner dakar PU,
    Rasio 4 : 1 : 3
    Dan hasil.nya ketika disemprot kan pakai spray gun, keluar seperti benang benang halus gitu gan...
    Mohon pencerahanya untuk takaran.nya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu salah satunya faktor spraygun yang tersumbat atau masih kurang bersih.

      Delete
  54. Tolong takaran untuk pernis blinken gan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blinken banyak varian sob, rasio juga beda beda, sobat pake yg seri apa?

      Delete
  55. Misi gan,saya masih awam soal duco,mau tanya yg di maksud PU itu yg bagaimana?
    Dan kalo mau ngecat ulang pakai nipee 2000 apakah hasilnya bisa kilap& tahan lama?
    Mohon pencerahanya,soalnya saya mau cat ulang tp bingung pilih tipe&merk,selama ini cuman berkecimpung di cat kayu untuk rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. PU adalah singkatan dr POLY URETHANE dimana ini adalah salah satu jenis dari beberapa jenis cat atau pernis. Pake Nippe oke juga, tapi untuk pernisnya sebaiknya gunakan jenis PU.

      Delete
  56. Misi gan,saya masih awam soal duco,mau tanya yg di maksud PU itu yg bagaimana?
    Dan kalo mau ngecat ulang pakai nipee 2000 apakah hasilnya bisa kilap& tahan lama?
    Mohon pencerahanya,soalnya saya mau cat ulang tp bingung pilih tipe&merk,selama ini cuman berkecimpung di cat kayu untuk rumah

    ReplyDelete
  57. gan ane mau nanya pernis blink kan ada dua tuh isi nya tapi yg satu pnya ane udh jadi jel gituh nah tinggal yg satu . kalo di pake yg satu doang campur thiner bisa ga gan .hasil nya gmnh gan ,... mohon info nya dong gan,

    ReplyDelete
  58. misi a numpang nanya . ane pnya pernis blink . nah pernis blink itu isi nya ada dua kan gan . nah pernih ane yg satu udah jadi jel gituh a tinggal yg satu . kalo ane pake yg satu ajh campur thiner bisa ga gan .. hasil nya gmnh iya gan .. mohon info nya dong yg tau

    ReplyDelete
  59. misi numpang nanya ane pnya pernis blink kan isi nya ada dua gan , nah yg satu udah jadi jel . tinggal yg satu . kalo ane pake pernis nya satu ajh campur tniner bisa ga iya gan. hasil nya gmnh gan... mohon info nya yg tau gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sobat Nikoy, yang ngejelly itu adalah hardnernya, dan pengeringan sebuah pernis butuh formula tambahan, yaitu hardner yg ngejelly tersebut. Ane pribadi belom pernah eksperimen bilamana pernis diaplikasikan tanpa hardner, tapi ada solusi, dimana sobat Nikoy bisa beli Hardnernya saja.

      Delete
  60. Ane selamat ini aman dan nyaman sob...

    ReplyDelete
  61. Luaarrttt biasssss... Mas Falaq memang Genius dan perspektif... Istimewa Jogjakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh.... Boz Rizal bisa aja nih...

      Delete
    2. gan pernis blinken kalau di cmpur thiner daimaru bsa gak gan

      Delete
  62. gan blinken di cmpr thiner daimaru bsa gak gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blinken cat atau clearcoat nih? Dan itu thiner Daimaru jenis NC atau PU ? jika jenis NC, sebaiknya jangan.

      Delete
  63. Malam mas falaq. Saya mau tanya. Saya habis ngecat. Nah clear nya ga sengaja ke semprot kaca mika lampu. Pertanyaan saya. Gimana cara memebersihkan semprotan clear yg di mika lampu itu. Pakai thinner kah. Mohon pencerahan nya. Trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thiner akan berpengaruh pada permukaan mika, sebaiknya biarkan kering dulu. Amplas menggunakan 1200 lanjut ke 2000, gunakan kompon putih untuk menghaluskan dan dilanjut gunakan WAX untuk mengembalikan kilapnya.

      Delete
  64. Permisi...kalo epoxy pake nipon yg ada herdener....cat pake punya dana....terus tinernya tiner super....clear pake blinken2500vs tiner pu wanda..1:1:sedikit pu.hasil saat pertama kilap cocok bisa ngaca...1 bln kusem..tekturnya cat kok kaya empuk ya.....kaya gk keras gitu...thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan proses cracking tipis sedang terjadi dilapis bawah cat.

      Delete
  65. Tiner pake super..awal epoxy oake nippon yg pake hardener....cat danaglos...vernis blinken ms 2500 pake tiner pu wanda....hasil nya kilap bisa ngacalah.....2 gasampe sebulannnnn suda kusem dan kok cetnya itu kaya empuk...minta solusi...clear 1:1 sedikit tiner pu...terimahkasi...

    ReplyDelete
  66. gan yg ganteng minta pencerahannya donk perbandingan clear blinken dan hardener itu berapa banding berapa terus untuk thiner itu makenya sesuai keinginan atau ada perbandingannya juga

    ReplyDelete
  67. mas saya finishing cat hitam pake clear nippon hi gloss tapi kok ada kayak kabut gitu mas putih" gak mau hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan thiner kurang cocok, spraygun kotor dan tekanan angin kurang pas.

      Delete
  68. Mas. Cara bedakan CLEAR BLINKEN . PU atau NC dari mananya ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blinken tidak mengeluarkan produk dengan spesifikasi NC sob..

      Delete
  69. Mas cara melihat perbedaan pu atau nc . clear blinken darimananya ya ?!

    ReplyDelete
  70. Mas bro.. Ane pake clear blinken ms250 1set. Nah ane pake tiner juga blinken bc30.
    Tolong jelasin perbandingan semuanya. Thansk mas bro..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ms2500 rasio 1:1 dengan penambahan thiner 0,5 atau sesuaikan kebiasaan sobat jee.

      Delete
  71. Bisakah clear coat merk sikkens mix tiner blinken bc30

    ReplyDelete
  72. Kalo ngeringin cat clear, dijemur efisien dan cepat kering ga gan?

    ReplyDelete
  73. Mas falaq saya udah setahun ga ngecat lagi tapi masi ada pernis dan cat yg masi sisa nah apakah kalo dipake sekarang basi apa engga ya pernis masi kepisah sih dan kalengmya juga masi pada tertutup rapet
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bisa sob... Untuk pernisnya, dicoba aja dimix dulu sama hardnernya, kalo masih jernih, berarti masih bisa dipakai..

      Delete
  74. Hatur nuhun infonya sob ��

    ReplyDelete
  75. Replies
    1. Okeee.... Terima kasih sudah berkunjung sob...

      Delete
  76. mas. saya mau nanya. saya ada wanda hv plus clear, thinner pake wanda medium 2k. kalo perbandinganya clear dan hardner dari pabrik 4:1. nah, thinner nya pake perbandingan berapa mas?? terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane belom pernah pake wanda sob, jadi belom pernah lihat kekentalanya seperti apa. Taruhlah jika wanda ini tergolong pernis kental, cukup pake rasio thiner 2,5 aja.

      Delete
  77. Mas mau tanya,
    Kalau cat NC di encerin pake thinner PU efeknya apa ya?

    ReplyDelete
  78. Mas minta petunjuknya, mau tanya,
    Kalau cat NC di encerin dengan thinner PU apaefeknya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada efek negatif sob.... Justru malah bagus, partikel cat lebih halus merata.

      Delete
  79. Pernis apa yg tahan bensin..ga luntur sama samin.trimksh

    ReplyDelete
  80. Gan sy pake clear blinken nya kok ga keras2 ya. Padahal sdh 3 hr. Klo ditekan pake kuku masih berbekas..

    Rasionya sdh 1:1 sy kasih thinner pu 3-5%dr rasio clear yg sdh dicampur hardenernya. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kering keras butuh waktu beberapa minggu, jika proses tanpa bantuan oven. Sabar sob... Yg penting kering sentuh dan seiring waktu akan keras dengan sendirinya.

      Delete
  81. Bang kalo beda thinner efeknya gimana ya , cat pake thinner impala , thinner clearnya bawaan Blinken ?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara prkatik tidak ada kendala selama ini, hanya kemungkinan rasio cat yg terlalu encer yg bisa mengakibatkan lapisan terlalu tipis. Efeknya tentu saja cracking jika lapisan pernis terlalu tebal diawal.

      Delete
  82. Kalo cler blinken pkae thiner cobra boleh ngga sob

    ReplyDelete
  83. Kalo cler blinken pkae thiner cobra boleh ngga sob

    ReplyDelete
  84. Mas kalo clear coat blinken 1:1 di campur tinner nya 2 itu akan berpengaruh gak sama tingkat ke kinclongan nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentunya akan mempengaruhi, tetapi tergantung juga suhu sekitar dan tingkat penguapan pernis itu sendiri.

      Delete

Jika menurut sobat artikel di blog ini bermanfaat, silahkan berkomentar untuk perbaikan blog kedepan, terima kasih sobat jee...