Wednesday, February 24, 2016

Tips trik airbrush (tehnik blocking)

Assalamu'alaikum sobat jee...  Pagi yang cerah di tempat kerja, sang Surya juga menyapa manja, kadang nakal juga gak mau nongol, alhasil kerjaan kita jadi tertunda.

Tapi hari ini cerah sob, silahkan buat yang mau aktifitas Clearcoat, segera di kerjakan, mumpung matahari lagi gak pelit sinar UV nya.

Di postingan kali ini, ane mau sedikit berbagi tehnik airbrush, mungkin juga udah basi dan bau asem, tapi gak ada salahnya kalo di share lagi buat tambah-tambah ilmu.

Ok, cekidots...
Kita sebut aja nama tehnik ini tehnik blocking, karena memang berfungsi sebagi pem"BLOCKING" atomisasi dari penbrush/airbrush.  Tehnik ini lebih mirip seperti sebuah pagar betis, karena penampakannya yang memang menyerupai pagar.

Tehnik ini bisa dibilang lebih hemat penggunaan masking tape/isolasi kertas, karena menggunakan isolasi kertas ukuran kecil dan tanpa menutup keseluruhn area airbrush (karakter/grafis), untuk melindungi agar tidak terkena residu atomisasi airbrush/penbrsh.  Tehnik ini efektif untuk pengerjaan colorcoat dengan menggunakan airbrush/penbrush, untuk penggunaan spraygun jangan coba-coba.

Oke, silahkan disimak foto berikut ini :
Nah, sobat Jee...  bisa di pelototin gak tuh foto?  Setelah beberapa karakter sudah ane bikin, tinggal area yang perlu di colorcoat biar semua bidang sempurna.  Skbat Jee tinggal tempelin tuh pake isolasi kertas di area airbrush, sedikit sisi isolasi terpakai, sisanya naikkan ke atas ya, jadi mirip pagar bukan?  Kalo ane liat sih mirip banget ama pagar, tapi bukan pagar tetangga lho ya...

Kenapa isolasi di bentuk seperti ini ?, bentuk seperti pagar ini agar residu atomisasi saat output penbrush akan terbang ke arah atas, bukan kesamping dan kemudian melekat di area yang tidak kita inginkan.
Foto diatas adalah sesaat setelah proses colorcoat, bagaimana penampakan area airbrush setelah tehnik blocking pagar betis ini dibuka??  Cekidot sob foto berikutnya.....

Nah, sobat jee... ane anggap ente sekalian udah paham betul yang ane sampaikan, selamat mencoba dan selamat beraktifitas.

Assalamu'alaikum sob dan jaya selalu brusher Indonesia, Merdekkaaà......!!

3 comments:

Jika menurut sobat artikel di blog ini bermanfaat, silahkan berkomentar untuk perbaikan blog kedepan, terima kasih sobat jee...