Friday, March 25, 2016

Tentang abrasive paper/sand paper/kertas gosok/amplas

Assalamu'alaikum sobat Jee....   Postingan kali ini ane mencoba mengulang beberapa bahasan yang mungkin serupa di beberapa web site atau blog, bahasan kali ini mengenai abrasive paper atau ada yang menyebutnya sand paper atau kertas gosok atau biasa juga di sebut amplas.

Nah, mungkin juga banyak yang udah tau perihal ini, tapi ane coba mengulas beberapa tingkatan grade numbernya secara singkat saja...  monggo di next page sob...


Banyak banget grade no. Dari amplas/sand paper, tapi disini akan ane sebutin beberapa aja.
Amplas kertas

  1. No. 40  Grade ini adalah grade paling kasar dari semua grade, partikel besinya sangat besar-besar, tapi sangat jarang ditemui dipasaran, jarang ada yang jual.
  2. No. 60  Grade ini berfungsi untuk menghabiskan permukaan yang kasar.
  3. No. 80  Fungsinya mirip dengan amplas no. 60 sob, ya...  11 12 lah.
  4. No. 120 Fungsinya untuk membabat dempul atau sebagai pembentuk awal setelah pendempulan.
  5. No. 240 Untuk menghaluskan dempul, biasanya dugunakan setelah pemakaian amplas no. 120 sob.  Bisa juga untuk menghaluskan karat-karat di panel logam.
  6. No. 360 Fungsinya sebagai penghalus permukaan yang akan di cat dasar, bisa untuk menghaluskan permukaan epoxy surfacer atau filler.
  7. No. 600 menghaluskan cat dasar yang akan di lapisi cat warna.
  8. No. 800 Masih seperti saudaranya yang no. 600, masih 11 12 sob...
  9. No. 1000  Grade ini biasa digunakan setelah cat warna kering, untuk menghaluskan permukaan yang mungkin sedikit kotor atau kasar, bisa juga sebagai penghalus sebelum di clearcoat.
   10.   No. 2000 dan No. 3000  Grade ini sangat lembut sob, biasa dipakai untuk permukaan yang akan di wax dan kemudian di polishing.

Oke sobat Jee, itu sedikit yang bisa ane share untuk kali ini, semoga bermanfaat buat semua, salam fanee arbrash dan merdeka selalu.....
Assalamu'alaikum.....

No comments:

Post a Comment

Jika menurut sobat artikel di blog ini bermanfaat, silahkan berkomentar untuk perbaikan blog kedepan, terima kasih sobat jee...