Assalamu'alaikum sobat Jee, melaporkan langsung dari tempat kerja ane....
Sebenarnya artikel ini, sudah lama sekali ingin ane posting, karena rangka dan bahan artikel udah ane siapin sedemikian rupa, hanya saja karena lupa dan lain hal, akhirnya baru sekarang bisa ane bagiin di blog ecek-ecek ini.
Sobat jee pasti pernah dengar tentang jenis cat high temperatur, dan tentu saja penggunaan cat ini difungsikan untuk media atuau panel yang berhubbungan dengan panas bertemperatur tinggi, semacam mesin motor, mesin mobil juga knalpot.
Biasanya cat jenis ini banyak kita temui pada cat kaleng spraycan yang siap pakai, tapi anehnya ketahanan terhadap panas ekstrim sangat kurang bisa di andalkan. Banyak juga pembaca blog ini yang bertanya mengenai hal tersebut.
Kali ini, ane akan share bagaimana proses pengerjaan media atau panel bertemperatur tinggi dan bagaimana triknya. Cekidot sob.
Perlu digaris bawahi terlebih dahulu, bahwa ane tidak menggunakan cat tempertaur tinggi siap pakai, bahan-bahan akan ane sebutkan sebagai berikut :
- Epoxy primer nippon warna putih
- Cat jenis doff merk Durogloss produksi nippon paint
- Pernis/clear doff merk Lux
- Ane tidak sedang dalam rangka promosi produk tertentu, hehe....
Trik tips proses, amplas bersih permukaan blok mesin sampai terkelupas semua cat lama, sehingga terlihat logam bersih bersinar. Gunakan amplas no.220 kemudian haluskan dengan amplas no.600 atau 800. Cuci bersih dan keringkan.
Siapkan epoxy primer, gunakan thiner sesuai denga spesifikasi epoxy tersebut, disini ane gunakan thiner Aspecial eceran, murah sob cuma 15.000 per liternya.
Semprotkan secara merata namun tipis, ulangi sekali lagi. Perhatian, jangan melapisi blok mesin dengan lapisan yang terlalu tebal, karena panas blok mesin membutuhkan pelepasan panas, dan ini membutuhkan pengecatan dengan lapisan yang tipis namun merata.
Selesai dengan epoxy, biarkan kering secara merata dan sempurna, siapkan amplas no.800 dan amplas tipis-tipis untuk meratakan media yang mungkin saja ada debu atau kotoran yang menempel.
Siapkan base colornya, seperti yang ane sebutin di atas, ane menggunakan cat jenis doff merk durogloss untuk melapisi blok mesin ini. Trik pengecatan masih 11 12 dengan pelapisan epoxy primer sob. Tipis, merata dan jangan terlalu tebal.
Biarkan hasil pengecatan kering secara sempurna....
Amplas juga bagian-bagian yang dirasa tidak rata dengan amplas 1200.
Terakhir, siapka pernis atau clearcoatnya, sapukan spraygun sama seperti proses epoxy dan pengecatan. Usahakan tidak terlalu tebal namun rata sempurna.
Nah, sobat Jee, itu tadi trik yang biasa ane pakai untuk pengerjaan blok mesin, Insya Allah gak bakal ngelontok sob... Terima kasih udah menjadi pembaca blog ecek-ecek ini , semoga infonya bermanfaat.
Salam fanee arbrash dan jaya selalu brusher Indonesia!!
Assalamu'alaikum....
Apa beda epoxy filler dan primer???
ReplyDeleteEpoxy filler untuk lapisan logam dan berfungsi untuk antk karat, epoxy primer untuk menutup lapisan dempul atau lapisan filler yg berpori-pori. Terima kasih udah berkunjung.
DeleteDH mas falaq,
ReplyDeletebukankah terbailk filler untuk mengiri pori" dan primer untuk anti karat?
Ayo belajar lagi... http://www.indanapaint.com/epoxy-filler-cat-dasar-anti-karat/
DeleteTerima kasih sblmnya Mas muhammad Falaq untk ilmunya mas.
ReplyDeleteAda beberapa pertanyaan lagi nih mas diatas kan diterangkan untuk pengecatan di blok mesin mas. Nah kali pengecatan di Blok silinder dan kop silinder mesin 4 Tak bagaimana mas perlakuan khususnya dari merk cat sampai Finishing ya mas.?
Soalnya di Jawa banyak motor dengan blok silinder yg warna warni mas jd kepengin di cat gitu. Matur tengkiu mas. Responnya.
Sama aja sob... Hanya saja,semakin banyak warna otomatis makin sedikit tebel. Usahakan saja jangan terlalu tebel meskipun mengaplikasikan banyak warna. Proses sama aja.
DeleteKalao pengecetan di Blok silinder atau kop silinder apa perlakuannya sama Mas. Dan seandainya clear doff diganti yg glossy bagaimana mas.
ReplyDeleteSama sob... Kalo memang bahan kita bukan spesialis untuk hot temperatur, sebaiknya jangan terlalu tebel.
Deletesiang admin,
ReplyDeleteini sy saya sangat sangat tertarik dengan pilihan warnanya,
tipe warna catnya itu apa master??
trims
min kalau ngecat blok apa harus pake cat anti panas ya ??
ReplyDeletemin kalau ngecat blok apa harus pake cat tahan panas
ReplyDeleteKalo memang bisa mendapatkan bahan dan jenis sesuai dengan fungsinya, akan lebih baik lagi.
DeletePermisih gan,newbie numpang tayak
ReplyDeleteNewbie mau cat pelek sama bak kopling n bak magnet
Yg newbie rayakan
1.apakah bnar epoxy filler untuk lapisan anti karat,epoxy primer buat nutup pori2?
2.jika media catya pelek,apkah lapisan petama epoxy filler terus d lapisi epoxi primer?
3.apakah benar cat h temp tidak perlu lapisan epoxy?
4.jika cat hi temp di mesin terus di lapisi cat pu apakah aman?
(Untuk no4 Karena cat hi temp cuman ada warna silver n hitam)
Terimakasih
ReplyDeletePermisih gan,newbie numpang tayak
Newbie mau cat pelek sama bak kopling n bak magnet
Yg newbie rayakan
1.apakah bnar epoxy filler untuk lapisan anti karat,epoxy primer buat nutup pori2?
2.jika media catya pelek,apkah lapisan petama epoxy filler terus d lapisi epoxi primer?
3.apakah benar cat h temp tidak perlu lapisan epoxy?
4.jika cat hi temp di mesin terus di lapisi cat pu apakah aman?
(Untuk no4 Karena cat hi temp cuman ada warna silver n hitam)
Terimakasih
Permisih gan,newbie numpang tayak
ReplyDeleteNewbie mau cat pelek sama bak kopling n bak magnet
Yg newbie rayakan
1.apakah bnar epoxy filler untuk lapisan anti karat,epoxy primer buat nutup pori2?
2.jika media catya pelek,apkah lapisan petama epoxy filler terus d lapisi epoxi primer?
3.apakah benar cat h temp tidak perlu lapisan epoxy?
4.jika cat hi temp di mesin terus di lapisi cat pu apakah aman?
(Untuk no4 Karena cat hi temp cuman ada warna silver n hitam)
Terimakasih
Gan ane mau tanya, cat yg cocok untuk bak kopling apa ya dan epoxy yg cocok apaya..
ReplyDelete