Sunday, April 10, 2016

Perbandingan cat dan thiner untuk airbrush

Assalamu'alaikum sobat Jee...  Hari minggu di bulan sya'ban yang cerah dan sedikit berembun, dingin eeiii....   Artikel ini, ane buat atas banyaknya pertanyaan yang masuk via sms maupun Bbm.  Banyak rekan brusher yang masih kebingungan berapa perbandingan cat dan thiner untuk airbrush, baik untuk grafis atapun realis.  Nah, kesempatan kali ini, ane kasih triknya!!

Gimana nih triknya Bang Jenggot?!...  Sabar sob, pelan-pelan TTDJ ya....
Sedikit info sob, udah kita ketahui bersama, bahwa kekentalan cat tiap produk atau tiap merk pasti berbeda-beda, tapi kali ini kita gak bahas itu sob, kita bahas seberapa banyak penambahan thiner untuk airbrush.

 •   Trik 1 Siapkan gelas bekas air mineral, takar cat dengan menggunakan sendok makan, seperti trik-trik yang dulu, ane selalu menggunakan sendok makan untuk menakar perbandingan cat ataupun thiner.  Pakai perbandingan 1:1 untuk cat dan thiner, jika kita masukkan cat kedalam gelas air mineral 3 sendok makan cat, maka masukkan juga 3 sendok makan thiner.  Aduk sampai rata!  Siapkan warna primer, hitam dan putih.

 •   Trik 2 Siapkan botol khusus atau botol untuk saus kecap, untuk tempat cat yang udah di siapkan tadi.  Ane beli botol saus ini di mini market pecah belah murah sob, 1 set dapet 6 botol dengan harga 15.000.  Very value!!

•   Trik 3 Siapkan 1 botol khusus untuk thiner PU, ane sangat sarankan pada sobat jee semua, gunakan thiner Polyurethane untuk airbrush grafis maupun airbrush realis.  Kenapa harus thiner PU bang?!  Karena thimer ini punya daya larut yang bagus terhadap cat, otomatis alat airbrush kita akan terhindar dari yang namanya tersendat-sendat.  Thiner PU juga tidak mudah menguap saat terpapar hembisan angin airbrush, ini juga jadi nilai plus, biar airnrush kita lancar air flownya.


Nah, dari 3 trik diatas, kita lanjutkan bahasannya.
Untuk penggunaan grafis, kita tinggal gunakan cat yang sudah tersedia di botol tadi, ada warna primer dan warna hitam serta putih dengan perbandingan 1:1.

Untuk penggunaan airbrush realis, kita juga tinggal tuang cat yang udah kita sediakan, ada warna primer, untuk warna sekunder kita tinggal mix beberapa warna primer, jika dari beberpa campuran warna primer kurang terang, bisa ditambahkan sedikit warna putih, jika kurang gelap ane tekankan beri sedikit warna coklat atau warna hitam.
Bagaimana dengan perbandingan thinernya bang?  Pengerjaan airbrush realis membutuhkan tekanan angin kompresor yang tidak begitu besar, bisa juga dibilang lumayan kecil, ini berefek perbandingan cat yang cukup encer.
Untuk mengatasi ini, bisa kita tambahkan setetes demi setetes thiner PU pada canting airbrush, sambil terus di saputkan sampai mencukupi tingkat keencerannya.
Bagaimana kepekatan warnanya Bang?  Karena cat yang necer otomatis akan terlihat tipis warnanya, tipsnya...  bisa kita samputkan beberapa layer untuk mendapatkan ketebalan warna yang kita inginkan.
Oke sobat Jee, demikian sedikit info yang bisa ane bagikan...  semoga bermanfaat dan selamat bekerja sob!  Jangan lupa baca Bismillah...

Assalamu'alaikum....

No comments:

Post a Comment

Jika menurut sobat artikel di blog ini bermanfaat, silahkan berkomentar untuk perbaikan blog kedepan, terima kasih sobat jee...