Sunday, June 19, 2016

Tips trik pengecatan warna-warna stabillo

Pic from mbah Google.
Assalamu'alaikum sobat Jee, tak terasa sudah hampir separuh Ramadlon kita lalui, tapi tetep aja sob... jangan lemes, kerjaan masih numpuk tuh, anggap aja buat THRan, hehe....  Artikel singkat di sela-sela bulan suci ini, cekidot....

Pastinya sobat Jee, dah pada tau dan sudah pada pernah pake nih, jenis cat yang ane tampilin di awal artikel.  Yups, cat jenis stabillo ini memang gak ada matinya sob, dengan warna-warna yang ngejreng dan menarik perhatian (juga bikin mata cepet capek buat yang ngecat, xixi...).



Sedikit tips agar warna dari cat ini tidak terlalu cepet pudar.  Pada faktanya sob, cat jenis stabillo ini mempunyai masa life time lebih cepat dibanding cat jenis solid atau candy.  Nah, karena life time inilah, kita kudu siasati saat proses pengerjaannya, biar life timenya lebih lama saat di pakai oleh konsumen bengkel cat kita.  


1.  Saat kita pake cat jenia ini, mahal ataupun yang murahan, tetap mempunyai life time.  Saat pengecatan, usahakan memebrikan lapisan yang sedikit lebih tebal dari biasanya.  Bisa 3 sampai 4 layer untuk satu sesi, dan di ulang setelah kering.

2.  Jangan pernah menjemur jenis cat ini saat proses pengerjaan, baik saat awal proses ataupun saat finishing proses.  Jadi sobat jee, memang akan lebih lama kering jika tanpa bantuan sinar matahari, tetapi tanpa proses penjemuran, life time cat stabillo akan jadi lebih lama dan awet.  Pasti tau dong, kalo cat jenis ini paling anti dengan yang namanya Matahari, buakn Matahari yang jualan itu ya...  hehe....  proses pengeringan cukup di angin-anginkan saja sob.  Baik saat pengecatan ataupun saat pengeringan clearcoat.


Nah, sobat jee...  2 tips trik diatas sangat menentukan masa life time cat tersebut.  Disampig kita usahakan menggunakan cat yang bagus (jangan sebut merk, xixixi....), kita juga kudu kasih edukasi pada konsumen yang mau menggunakan cat jenis ini pada helm atau bodi motornya, biar doi tau  bagaimana sifat jenis cat stabillo ini, biar doi gak kaget saat barang doi berubah warna alias pudar, biar gak di kira cat jenis bunglon sob, hehee...

Oke, semoga bermanfaat sob...  selamt berpuasa dan selamat beraktifitas, salam fanee arbrash dan jaya selalu brusher Indonesia, merdekaaaa!!!
Assalamu'alaikum.... 

2 comments:

  1. adakah cat stabillo di panggil juga cat aerosol.. maaf sy baru belajar tentang mengecat.. sy mahu bertanya pernah kah tuan menggunakan cat tin (aerosol cat) yg sudah di keluar kan dr tin untuk di guna kan pada pen airbrush? dan ada campuran seperti thinner untuk melambat kan proses pengeringan cat di dalam takung pen air brush.. harap pihak tuan dpat membantu saya.. terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aerosol adalah salah satu jenis dari beberapa jenis cat seperti Nc ataupun PU. Ane juga biasa pake spraycan yang isinya terlebih dahulu dikeluarkan untuk dipakai ngecat atai airbrush.menurut kebiasaan ane, sebaiknya ditambah thiner PU sedikit.

      Delete

Jika menurut sobat artikel di blog ini bermanfaat, silahkan berkomentar untuk perbaikan blog kedepan, terima kasih sobat jee...