Thursday, March 16, 2017

Marble fx airbrush (efek marmer)

Assalamu'alaikum sobat Jee....   Mumpung masih pagi menjelang siang, matahari masih sedikit "pelit" memancarkan sinarnya, padahal buat kita-kita yang kerja sebagai tukang cat ini, butuh banget cahayanya.  Om Matahari, keluar dong....  😁😀  cukup deh intermezzonya.

Postingan kali ini ane mau berbagi sedikit airbrush efek buat sobat Jee yang belom tau aja....   Yang udah tau mah jangan sok-sok an atuh, penting itu berbagi sesama biar makin banyak wawasan dan perbendaharaan efek airbrush kita, betull tidak... ?  Oke sob, kit lanjut di next page ya...  



Sebenarnya di Youtube udah banyak video tutorial tentang efek ini, hanya saja mungkin efek ini kurang populer atau udah terlalu kuno dibanding efek yang lain, brushepun udah gak ada yang aplikasiin efek ini di kerjaannya.  😭  ane turut berduka cita.

Marble (marmer) efek ini di Luar Negeri sono masih jadi satu kesatuan dengan Crystal efek, jadi kalo ada yang bilang pake marble efek, kita harus perjelas, pake tehnik yang mana?  Karena Marble efek sendiri banyak sekali tehniknya.  Nah, untuk yang ini ane gunain plastik kantongan (orang jawa bilang TAS KRESEK).  Mudah dan murah gampang nyarinya...

Monggo disimak gambar pergambar yang ane sertain keterangan dibawahnya.

1.  Langkah awal, siapin media yang akan kita beri Marble fx.  Disini ane punya sebongkah lemari besi/brangkas yang akan ane beri efek Marble.  Ane cat dengan warna coklat setengah tua.  Ane mix sendiri warna ini dengan percampuran 3 warna Kuning+Biru+Merah.  Tips :  Jika sobat Jee menginginkan warna coklat yang lebih tua, tambahkan warna merah lebih banyak porsinya dari pada warna kuning dan biru. 

2.  Langkah kedua, ane siapin warna coklat yang lebih tua daripada warna coklat yang ane gunain untuk media yang akan kita beri efek Marble.  
Tips :  Penggunaan warna lain juga bisa sob, hanya saja perlu dipertimbangkan untuk hasil kontras dari Marble efeknya.  Misalnya saja diberi warna Hitam kecoklatan, menurut ane akan lebih berkarakter lagi. 

3.  Siapin kantong plastiknya sob...   Minta ama emak, pasti nyimpen banyak tuh di dapurnya ....  😂😂
Tips :  Untuk kantong plastiknya, jika memungkinkan untuk mecari yang ukuranya hampir  sama dengan ukuran media yang akan di Marble efek, tentu akan lebih baik lagi.  Karena akan bisa sekali kerja, semprot... Tempel... Dan jadi... 

4.  Langkah selanjutnya, semprotkan cat yamg udah kita siapin sob...   Kemudian tempelkan kantong plastiknya di bidang media.  Sambil dibentuk secara acak, biar semakinmenambah kesan abstraknya. 
Tips : pada bagian ini, sebaiknya cat dibuat sedikit encer sob, tambah rasio thinernya.  Tujuannya biar gak gampang kering atau menguap serta saat membentuk kesan abstraknya akan lebih mudah. 

5.  Nah sobat Jee, Marble efek kita udah jadi nih....  
Tips :  Jika bidang media luas dan kantong plastik tidak cukup lebar, sobat Jee bisa menambal sulam dengan proses yang sama seperti di awal proses, karena kesan abstraknya, akan sangat tidak terlihat per bagian tambal sulamnya. 
Nah sobat Jee, setelah kita beri "pemanis" sedikit..  Beginilah penampakannya : 

Tinggal finishing touch nih sob.... 

 Oke sobat Jee, semoga bermanfaat ya....  Selamat bekerja dan jaya selalu brusher Indonesia!!  
Assalamu'alaikum..... 

2 comments:

Jika menurut sobat artikel di blog ini bermanfaat, silahkan berkomentar untuk perbaikan blog kedepan, terima kasih sobat jee...