Monday, April 17, 2017

Tehnik pemakaian pen cutter/cutter


Assalamu'alaikum sobat Jee....   Beberapa pekerjaan udah kelar nih, tinggal yang kecil kecil...  Sesuai dengan janji ane kepada beberapa sobat jee yang udah inbox japri via WA BBM or komen di postingan terdahulu, kali ini ane berbagi sedikit tehnik sederhana untuk pemakaian pen cutter.  Lanjut .....    

Diawal postingan, ane udah sertakan foto dua macam cutter.  Model konvensional dengan sudut yang cukup besar, dan pen cutter dengan sudut luamayan ekstrim.  Sebelum kita bahas lebih jauh, ane jabarin sedikit fungsi masing-masing mata cutter diatas.
1.  Untuk mata cutter konvensional, fungsikan untuk pemotongan desain yang kebanyakan memiliki garis lurus, lengkungan yang tidak terlalu ekstrim dan model garis yang terbilang sederhana.  Ada yang bilang  "Tetangga ane pake cutter konvensional tapi biasa juara di kontes airbrush tuh Om Fanee"  iya, itu urusan dia ama kerjaannya sob...  😂
2.  Untuk mata cutter model pencutter, fungsikan untuk pemotongan desain yang banyak memiliki lengkungan ekstrim, seperti desain floral atau tribal.  Pencutter akan lebih kerasa fungsinya saat akan memotong bagian dengan lengkungan ekstrim.  Nah sobat Jee...  Belajarlah menggunakan semua sesuai fungsi masing-masing.  Ane percaya pabrikan pembuat cutter meriset setiap prodyk yang mereka keluarkan.  Bukan all in one ya... 

Seperti yang ane jelasin diatas, sekarang mari kita bahas sedikit tehnik pemakaian pencutter ini.  Dengan sudut yang kecil serta daya potong yang tajam, pencutter seperti ini layak buat dijadiin partner kerja. 

Nah, sobat Jee...  Ane punya contoh di foto atas...  Untuk tehnik pemotongan desain seperti ini, kita bisa mulai dar titik awal dengan ane kasih angka 1. Kita mulai dari sini terus lanjut berputar sesuai penunjuk arah anak panah.

Untuk pencutternya sendiri, posisikan seperti foto diatas, bagian yang runcing tusukkan terlebih dahulu, tekan secara terukur, dan untuk lengkungan pada titik awal tetap gunakan bagian ujung pencutter.  Tarik dan putar mengikuti arah anak panah.

Ketika pencutter kita udah melewati lengkungan ekstrim, sobat jee bisa sedikit demi sedikit melandaikan mata pencutternya, tujuannya agar tidak ada bekas terlalu dalam pada bekas pemotongannya.

Nah, sobat Jee...  Diatas adalah dasar tehnik penggunaan pencutter, namun yang terpenting, adalah hasil setelah proses pemotongan tersebut.  Pemakaian pencutter kita apa sudah terukur dan terarah, nanti bisa dilihat setelah selesai proses airbrush dan sesaat setelah isolasi kertas diangkat.  Kita akan melihat seberapa kuat tekanan tangan kita saat memengang pencutter, seberapa dalam bekas sayatannya dan seberapa kuat lapisan cat kita menempel dimasing-masing landasannya.  

Oke sobat jee, selamat bekerja ....   Tetap semangat dan jaya selalu brusher Indonesia.....
Assalamu'alaikum.....    Salam Fanee Arbbrash. 

2 comments:

  1. Bermanfaat sekali mas..perlu banyak belajar lagi nih..kemaren pas potong solasi malahan ada cat yg ikut ke angkat mas..

    ReplyDelete

Jika menurut sobat artikel di blog ini bermanfaat, silahkan berkomentar untuk perbaikan blog kedepan, terima kasih sobat jee...