Friday, January 15, 2021

KYT TT COURSE korban kang pylox

 Assalamu'alaikum sobat Jee....  Seperti postingan di awal tahun lalu, kali ini sempet ga sempet ane sempetin buat ppsting beberapa foto hasil dari kerjaan ane nih.  Dan sedikit keterangan yang mungkin bisa menjadi bahan informasi buat kita semua. 



Kali ini cerita tentang balada helm yang lagi happening dikalangan Helmet Lovers sob...  Ane dapet kiriman helm KYT TT COURSE dalam keadaan yang cukup mengenaskan, bagaimana penampakannya? 
Lanjut di next page ya... 
Cukup disayangkan sekali sob, helm ini tergolong helm yang cukup mahal juga, bagaimana sih penampakan helmnya ketika sampai di bengkel Fanee Arbrash Custom Paint? Cekidot... 

Taramm....  Mantaps kali kan sobat Jee....  Ajibs....   Hehe.... Akhir kata setelah omong punya omong, maka ditentukan desain motif yang baru buat helm ini.  Alhamdulillah, proses berjalan lancar dan selesai dengan terburu-buru sob, tanda jika kita turun di bisnis ini, maka harus siap dengan pressure deadline dari konsumen, ampun bang jago... 

Beberapa foto terlampir yang menampilakan sedikit proses pengerjaan, ssdikit aja ya sob, soalnya ane ga sempet poto poto tuh... 

 
Karena helm ini bekas dari pengecatan menggunakan produk cat kaleng kocok, yang biasanya mejadi momok bagi para painter/brusher, karena efek cracking yang biasanya timbul saat proses pengecatan atau finishing.  Untuk prosesnya, ane siasatin sob dengan 2X proses epoxy. Pertama setelah diamplas rata menggunakan amplas kasar, lalu lanjut dengan amplas halus no. 600 lajut epoxy dengan rasio sedikit kental dari biasanya, setelah kering, amplas lagi dengan amplas no. yang sama no. 600. Lanjutkan lagi denga epoxy rasio seperti biasanya 4:1:3. Selesai, sobat Jee bisa lanjut ke tahap pengecatan dasar. 


Untuk warna dasar, ane gunakan dari produk penta solid black sebanyak 2-3 lapis rata sekali jalan, lanjut diangin-anginkan setengah jam, lalu jemur di area matahari terik.


Untuk motif helm ini, ane pake full airbrush karena memang masih tergolong simple dan mudah. Untuk warna gold ane pake produk dari cat Penta juga, dengan teknik cutting paper clip, ane yakin sobat jee semua paham betu dengan teknik cutting ini, karena ini teknik untuk pemula seperti ane dan paling mudah untuk di aplilasikan. Selesai semua airbrush logo dari produk minuman Leopard Natural, kita beralih ke tahap selanjutnya, pengeclearan sob atau istilah kerennya BASE COATING. 


Untuk base coating, ssperti biasanya ane gunakan pernis dari produk DANAGLOSS X2, ane rasa penggunaan produk ini lebih cepat untuk eksekusi, lebih mudah kering untuk menambah layer lagi dan lebih aman untuk layer finishinh nantinya. 


Untuk base coatingnya, ane lapisi 3-4 layer dengan jeda beberapa jam untuk layer 1 dan ke 2. Untuk lanjut lapisan ke 3 ane tunggu 1X24jam seperti biasanya, dan layer ke 4 beberapa jam setelah layer ke 3. (mohon maaf jika sedikit membuat sobat Jee kebingungan). 


Setelah menunggu 1X24jam untuk lapis 3 dan 4, maka helm siap untuk diamplas lagi dengan menggunakanamplas no. 1200 sob, fokuskan dulu pada area airbrush dimana ada jeda antar warna gold dan hitam, amplas rata dan pelan-pelan saja. 


Untuk finishing, ane gunakan produk dari BLINKEN DIAMOND dengan penggunaan thiner DAKAR seperti biasanya, ane biasa menggunakan rasio 4:1:1,5 (4pernis : 1hardner dan 1,5thiner). Sebelum mix semua komponen, ane tuang dulu rasio thiner, dan ane tambahin sedikit dari cat warna gold agar ada efek bling bling pada permukaan warna hitamnya, lanjut tuang rasio pernis dan harnder. Aplikasikan perlahan dan pastikan lingkungan kerja kita bersih dari debu.  Alhamdulillah, sampai disini finishing kita berjalan lancar tanpa kendala sob.  Dibawah ini adalah SS testimoni dari owner helm KYT TT COURSE diatas. 

Terima kasih sobat Jee...  Semoga postingan kali ini bermanfaat untuk kita semua, tetap semangat meskipun lagi musim hujan. Jaya selalu brusher Indonesia dan Merdeka....  

IG : FANEE_ARBRASH 
CP WA 083830242625 





No comments:

Post a Comment

Jika menurut sobat artikel di blog ini bermanfaat, silahkan berkomentar untuk perbaikan blog kedepan, terima kasih sobat jee...