Monday, April 11, 2016

Tips trik Mixing cat warna stabilo

Assalamu'alaikum sobat Jee....  Melaporkan langsung dari tempat kejadian...
Sobat Jee pernah ngecat dengan warna-warna stabilo?  Dengan merk cat yang umum di toko cat? Kecewa dengan keawetan warnanya? Gampang pudar....??  Xixi....  emang bikin gondok tuh kualitas, tapi tenang aja sob, Mas Monoth di markas besarnya Exs Airbrush, via fb nya kasih bocoran ilmu buat sobat jee sekalian, lanjut di klik dulu ya... 



Sore yang indah ini, ane buka fb ane sob, dan seperti biasanya, Mas Monoth membeberkan secara langsung resep "dapur" pribadinya, ckckckck....  gak salah pilih guru nih ane....   Bilang makasih dulu dong sob, bareng-bareng ya.....
"TERIMA KASIH MAS MONOTH......"
Seperti foto diatas, sebuah rangka motor dengan warna yellow 46, Mas Monoth menjabarkan mixing cat per cat agar bisa mengejar spesifikasi dari warna tersebut.
Beliau menjelaskan secara detail, menggunakan merk apa saja warna diatas, dimulai dari cat bermerk Penta dengan jenis varian lemon yellow, sedang untuk merk lain menggunakan cat bermerk Tigris dengan jenis varian scothligth yellow.  Untuk jenis cat ini sudah cukup untuk membuat warna seakurat warna stabilo yellow Valentino Rossi.

Mas Monoth menambahkan, perbandingan cukup dengan rasio 3:1 sob, 3 untuk scothligth yellow dan 1 untum lemon yellow merk Penta.
Dari postingan via fb nya, ada satu komentar yang menarik untuk ane share di blog kita ini, apa itu?  Salah satu komentar bertanya pada beliau, soal keawetan warnanya bagaimana??  Mas Monoth menuturkan, hampir 2 tahun tingkat keawetannya.  Wooww....  Amazing sob!!  Besok ane mau coba ah.....

 Facebook Mas Monoth Arief (silahkan open, dan jalin pertemanan, yang pasti Guru ane ini sangat welcome dan senang berbagi ilmu) klik >> Monoth Arief Exs Airbrush
Mas Monoth Arief dan admin, smile....  

Tambahan pesan dari beliau, gunakan warna putih sebagi basecoatnya, dan saputkan sebanyak 2 layer untuk hasil maksimal.

Giman sobat Jee, keren bukan....   Monggo di coba sob, yang pasti hasil maksimal, dana minimal banget ini....

Sekali lagi terima kasih buag Mas Monoth di Exs Airbrush Workshop, semoga ilmunya bermanfaat dan makin rame bengkelnya.  
Assalamu'alaikum.....  


6 comments:

  1. kalau cat stabillonya pakai yang punya penta juga gmn ya ? sama kah awetnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane kurang tau sob, karena belom pernah pake merk penta, tapi sebaiknya ikut hasil dia rtikel diatas aja. Lebih aman.

      Delete
  2. Q pernah pake orange stabilo penta hasilnya sangat kurang memuaskan..
    Yg diatas kn yellow stabilo..
    Klo pengen bikin warna orange stabilo mixingnya warna apa aja trus pake merk cat apa aja ya..
    Mohon infonya suhu..

    ReplyDelete
  3. Kalo mix sendiri tentu akan kesulitan, karena biangnya stabilo gak dijual bebas, palingan untuk meminimalisir tingkat kepudaran bisa dimix dengan warna yang hampir mirip orang stabilo.

    ReplyDelete
  4. Saya pernah ngecat warna orange stabilo tapi hasilnya ko retak ya, Padahal udah di clear ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada kesalahan SOP dalam prosesnya.

      Delete

Jika menurut sobat artikel di blog ini bermanfaat, silahkan berkomentar untuk perbaikan blog kedepan, terima kasih sobat jee...