Thursday, May 26, 2016

Beli spraygun bukan asal beli

Assalamu'alaikum sobat Jee...  wah, lama gak posting artikel, bukan karena banyak kerjaan sob, tapi karena lagi buntu otak mikirin artikel apa yang belom pernah dibahas di blog ecek-ecek ini, kebetulan ada sms masuk dan tanya-tanya masalah spraygun, jadi deh dapet ide buat bikin artikel khusus tentang spraygun, simak sob di next page!

Sobat Jee yang baik hatinya....  (udah mirip om Mario Teguh belom nih? Xixi...)
Dipasaran ada banyak jenis dan ukuran spraygun.

Mulai dari yang paling konvensional sampai yang paling canggih bangets...
Dari yang tabung bawah, atas samping dan atas tengah.  Ada juga jenis HVLP yang lagi hitz sob, dengan berbagi ukuran mulai K3, F75, F100 dan seterusnya.  Nah, yuk kita bahas secara detail, spraygun yang bagaimana yang harus kita beli dan yang harus kita hindari.

Beberapa point yang harus diperhatikan saat sobat Jee masuk di toko perkakas yang menjual peralatan airbrush atau pengecatan, ane rangkum secara singkat padat merayap...  
1.  Jangan terburu-buru dalam membeli spraygun, lihat secara seksama dan detail produk yang sobat beli.  Jangan lupa juga tanya-tanya tentang spare partnya apabila ada kerusakan dan dibutuhkan penggantian beberapa part spraygun.

2.  Tentukan jenis pekerjaan yang biasa dikerjakan dan jangan salah dalam memilih ukuran maupun jenis spraygun.  Untuk pengerjaan helm dan benda yang lebih kecil, spraygun jenis K3 dan yang sejenis ane kira sudah mencukupi.  Sedang untuk bodi motor dan benda yang seukuran, maka dibutuhkan spraygun yang lebih besar ukirannya, ane saranin ukuran F75 atau dengan ukuran nozle yang setara 0,8.

3.  Perhatikan material dan detail pengerjaan spraygun tersebut.  Paling penting perhatikan kepresisian lubang yang berada pada air cap atau tutup nozle.  Usahakan lubang pada air cap lurus kedalam, sejajar dan center pada tempatnya dan lubang paling tengah.  Lihat foto air cap jenis Flat dibawah, jika lubang tidak lurus kedalam, kurang sejajar dengan lubang disampingnya, kurang center dengan lubang tengah, jangan dibeli sob!!!
Perhatikan posisi lubang pada air cap diatas, lurus, sejajar dan center pada lubang di tengah.
4.  Tentukan jenis spragun yang sobat jee butuhkan, ada type konvensional yang berjenis Dot, Flat ataupun jenis HVLP.  Untuk pengerjaan yang banyak terdapat bidangblebar dan datar, baiknya gunakan type flat.  Untuk pengerjaan benda kecil dan banyak lekukan detail dan dalam (mebel atau pagar) gunakan yang berjenis Dot.  

5.  Point terakhir adalah point paling penting sob!  Siapkan dananya, cari informasi tentang spraygun yang akan sobat beli, termasuk info tentang harganya,  biar gak kaget jika spraygun yang akan kita beli ternyata mahal bingitzz....

Nah, sobat Jee...  demikian yang bisa ane rangkum saat kita akan membeli spraygun, mungkin ada yang mau nambahin dan sudi mngkoreksi artikel diatas, bisa melalui kolom komen sob.  Sekina dan semoga bermanfaat buat kiata semua, assalamualaikum dan semangat terus sob....!!

6 comments:

  1. merk Lakoni Fantasy F75 ..gimana Gan ?

    ReplyDelete
  2. Halloo bang, mau minta saran. Lagi labil sama merk nih mau beli spray gun f75 . Tertarik sama lakoni fantasy f75g sama shogun f75g. Pendapat abang bagusan yang mana? Atau ada rekomendasi merk lain? Yg low budget ya hehehe. Thanksss blognya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama bagusnya untuk merk lokal... Perhatikan saja secara detail lubang2 output dari calon spraygun yang akan sobat beli, harus center dan selaras baik vertikal atau pun horizontal.

      Delete
  3. mau tanya mas,

    kalo buat ngecat motor, spraygun merk Auarita Mini H921 dengan ukuran nozle 1,0mm bagus ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebetulnya masih terlalu besar juga nozle 1.0 buat pengerjaan bidang motor, akan lebih banyak lagi overspary yang seharusnya bisa diminimalisir dengan penggunaan spraygun berNozle 0,8.

      Delete

Jika menurut sobat artikel di blog ini bermanfaat, silahkan berkomentar untuk perbaikan blog kedepan, terima kasih sobat jee...