Saturday, May 18, 2013

Wajibkah punya dua jenis Spray gun??



Assalamu'alaikum sobat... gimana kabar hari ini? lagi sibuk ngecat apa airbrush nih...? artikel selingan dari pada gak ada sama sekali, hehe..... Mungkin ada yang bertanya-tanya, idealnya berapa sih spray gun yang harus kita beli/punya?  Nah... agak binun juga kan... hehe....
, baca saran ane dulu ya, biar gak binun (bingung maksudnya...).  Untuk sobat jee yang belum tahu jenis spray gun bisa (KLIK DISINI) dan  (DISINI) , ok kita lanjut ya...  Memang sih, secara fisik spray gun jenis DOT dan jenis FLAT hampir gak ada beda, tetapi hasil semprotnya jelas beda sob, ini untuk yang sudah expert tahu beda hasil semburan kedua jenis spray gun di atas, namanya aja beda sob.  

Jadi, kalo boleh ane saranin, ente sekalian minimal harus punya 2 spray gun, yang jenis DOT dan jenis FLAT, memang lagi secara hemat spray gun jenis FLAT sudah menutupi tugas spray gun berjenis DOT, tetapi fungsional keduanya jangan di campur-campur, keuntungan dengan kita mempunyai 2 spray gun, kita tidak akan ribet ketika 1 spray gun ada kendala (contoh macet/saluran cat nya kotor).

 Ketika kita membedakan spray gun mana yang untuk epoxy dan pengecatan serta spray gun mana yang khusus untuk tahap clear coating (pernish) kita gak akan ribet lagi seandainya saat mengerjakan tahap pernish, ada kotoran yang keluar dan secara tidak sengaja tersembur keluar dan nempel di benda kerja, karena memang dari awal kita membedakan tugas masing-masing spray gun, bisa ditebak juga kan sob kotoran apa yang keluar dari spray gun untuk tahap pernish kita?
spray gun jenis DOT
 jawabnya sudah pasti kotoran pernish yang sedikit mengeras dan berwarna bening dan ini gak akan membuat hasil kerja kita jadi kacau, cukup diamkan sejenak dan timpa lagi dengan pernish, beda kalau yang keluar kotoran bekas cat yang keluar, bisa nangis bombay ente..., hehe.... semoga mengerti dengan yang ane maksud, met week end dan salam FaNeearbrash selalu...  Merdeka aja.... :)
CP : FaNee Arbrash 083830242625

26 comments:

  1. Keren :D kunjungan balik ya di www.blackcyber4rmy.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. oke..... ditungggu ya.... terima kasih untuk kunjungannya...

    ReplyDelete
  3. Nangis bombay itu kayak gimana, wah kluar residu pling sering,gimana ya biar gag residu getu,punya solusi cepat tdk?

    ReplyDelete
  4. Fungsinya yg flat sama yg dot apa mas,dan bagusnya untuk clear menggunakan spraygun yg flat atau dot?
    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  5. Bedanya apa mas yg flat sama yg dot,dan kalau buat clear bagusnya memakai spraygun yg mana?
    Terimakasih sebelumnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Output type dot lebih ke bentuk bulat dan untuk pengerjaan benda2 berbentk spiral seperti pipa dan yg memiliki banyak lekukan (rangka motor) sedang yang flat lebih ke bentuk kpas tangan, untuk pengerjaan benda yang memiliki lebar dan luas macam bodi motor atau bodi mobil. Sesuaikan kebutuhan.

      Delete
  6. Makasih kak...keren dn berisiii artikelnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama adek... terima kasih udah jadi pembaca blog ini..

      Delete
  7. Maaf kang, tolong infonya...
    Kalo buat pemula kaya saya ini jenis SG yg dot cocoknya pake tipe yg berapa yaa ? R2 apaerek yg lainnya yaa ?
    1 lagi yg jenis flat jga cocoknya pake tipe yg apa yaa ? F75 apa tipe yg lainnya yaa... Tolong infonya kang, makasihh sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yg dot bisa pakai yang merk apapun, untuk yang flat sebaiknya liat dulu mengerjakan apa saja. Bodi motor, helm dan media yang besarnya sejenis bisa pakai yang jenis K3, Tapi kalo memang mau pakai yng f75 ya silahkan, hanya saja untuk jarak dengan media harus selalu diperhatikan. Terima kasih sudah berkunjung.

      Delete
  8. Malem kang, mau tanya kalo buat pemula seperti saya jenis SG (spray gun) yg cocok tipe apa yaa buat spray gun flat dan dot nya ? Dot R2, flat F75 itu sudah cocok blum kang, tolong infonya yaa ??? Makasih

    ReplyDelete
  9. Malem kang, mau tanya kalo buat pemula seperti saya jenis SG (spray gun) yg cocok tipe apa yaa buat spray gun flat dan dot nya ? Dot R2, flat F75 itu sudah cocok blum kang, tolong infonya yaa ??? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya gunakan yg type flat aja, karena type flat juga bisa di setting seperti outputnya sparaygun dot. Sesuaikan besaran media yg dikerjakan aja, makin besar medianya, makin besar ukuran spraygun yg disarankan untuk digunakan. Maaf baru balas komennya.

      Delete
  10. Mas bro, keren dah blognya, nambah ilmu. Saya mau nanya, berarti tipe dot itu cocoknya utk benda2 agak berlekuk, spiral, pokoknya yg ga rata yah. Kalau saya gunakan utk ngecat gelas (finishing) kira2 cocok ga yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah cocok atau tidak, itu terhitung relatif mas... tp untuk gelas! Bolehlah pake type DOT. Tp akan lebih efisien lagi kalo pake yg FLAT.

      Delete
    2. Uoke, utg nanya dolo dimari sama yg lbh ngerti, kalau bgitu tipe flat akan lbh efisien yah, jdi ga ush ambil yg tipe dot ya?

      Delete
    3. Teori lbh mirip seperti kita akan mewarnai selembar kertas full. Jika pensil kecil bisa disamakan dengan spraygun type dot, maka pensil besar bisa disamakan dengan spraygun type flat.

      Delete
  11. Untuk spray gun wajib kah punya 3..
    1 untuk epoxy
    1. Untuk pengecatan an
    1 untuk clear .
    Terimakasih

    ReplyDelete
  12. Mas Bro, ukuran output R3G dengan K3A apakah berbeda?
    Makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara ukuran dan type sama sob, kecuali sudah modif ukuran nozzlenya.

      Delete
  13. mau tanya kawan nzle buat clear baiknya ukuran berapa cntoh spray gun jen

    s apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus lihat kebiasaan dan seberapa besar media yg dikerjakan sob... Ada ukuran nozzle 0.6 untuk media kecil. Ada 0.8 untuk media sedang seperti bodi motor dan tangki, ada juga 1.0 untuk media yg sedikit lebih besar. Lagintrend HVLP bisa dicoba dengan nozzle 0.8 sudah cukup maknyus sob..

      Delete
  14. Sy nyimak aj sob yg penting dpt ilmu finishing yg the best

    ReplyDelete
  15. Thank you for nice information. Please visit our web:

    Click Here
    "https://uhamka.ac.id"

    ReplyDelete

Jika menurut sobat artikel di blog ini bermanfaat, silahkan berkomentar untuk perbaikan blog kedepan, terima kasih sobat jee...